Kenali Berbagai Fitur Dasar Membuat Konten Di Tiktok Untuk Pemula

Table of Contents

That’s the great secret of creativity. You treat ideas like cats: you make them follow you

Ray Bradbury

Hai Lemonians!

Tahukah kalian semenjak masa pandemi Tiktok menjadi salah satu platform yang banyak mencuri perhatian bagi masyarakat Indonesia. Karena Tiktok dianggap sebagai salah satu platform hiburan untuk menghilangkan penat. Di tengah viral nya platform Tiktok saat ini, tidak sedikit membuat para brand melirik Tiktok sebagai salah satu wadah yang tepat untuk mempromosikan produk mereka. Itu lah yang membuat para influencer yang tadinya hanya fokus di salah satu platform yaitu Instagram mulai merambah ke Tiktok. Artis Tiktok saat ini di Indonesia tidak sedikit loh, sudah banyak dari mereka yang meraih sukses berkat konten nya yang menghibur. Kalian pasti tidak asing kan dengan nama-nama ini, ehan brenda, emil mario, stanley hao, fadlan holao, dan masih banyak lagi.. 

Nah ada ga nih dari kalian yang lagi bimbang mau buat Tiktok atau engga, lalu bingung bagaimana cara membuat konten video di Tiktok. Kalian tepat banget loh baca artikel lemonblog kali ini, karena disini kita akan kupas tuntas fitur-fitur dasar yang perlu kamu pahami sebelum akhirnya kamu main Tiktok

Musik

Fitur satu ini bisa dibilang pondasi awal untuk kamu buat konten Tiktok pertama kamu. Musik sebagai salah satu fitur wajib yang harus kamu gunakan agar konten kamu terlihat semakin menarik. Penggunaan nya pun mudah karena fitur musik pada Tiktok sudah dikategorikan sesuai jenis musik nya sehingga kamu cukup pilih saja mana yang kira-kira cocok dengan konsep dari konten video kamu. Cara nya ada 2 lemonians, pertama kamu bisa aplikasikan setelah konten video jadi dengan cara pilih fitur “sound” lalu tinggal kamu tentukan mana yang relevan dengan konten kamu. Kedua, atau bisa juga kamu menggunakan musik yang sudah digunakan oleh orang lalu kamu gunakan pada saat membuat konten video. Caranya cukup klik ikon “musik” yang sedang berputar pada video konten yang kamu lihat tepat nya ada di pojok kanan bawah lalu klik “kamera” kemudian kamu bisa memulai untuk membuat konten video tersebut.

Filter

Di zaman serba digital saat ini filter sudah seperti hal wajib untuk kalangan orang-orang yang merasa kurang percaya diri atau sekedar memberikan dan memperindah tone warna pada konten nya. Begitu pula dengan platform Tiktok, kamu tidak usah khawatir kalau kualitas kamera atau pencahayaan di tempat kamu kurang mendukung dalam membuat konten. Karena fitur filter pada Tiktok ini beranekaragam loh, dapat kamu sesuaikan dengan tema atau konsep dari video kamu. Terdapat 4 filter utama pada fitur ini yaitu potrait, landscape, food dan vibe. Pada masing-masing filter tersebut terdiri dari beberapa filter lainnya jadi kamu tidak perlu khawatir. Penggunaan filter pada Tiktok ini ada dua cara lemonians, pertama dapat kamu gunakan secara langsung saat tengah memproduksi video konten dan yang kedua dapat kamu aplikasikan pada video yang sudah ada. So no more minder lagi yaa!

Efek

Pada poin sebelumnya kita sudah membahas mengenai filter, lalu apa beda nya dengan efek? Pada Tiktok kedua fitur ini dibedakan karena fungsi nya yang sangat berbeda. Kalau filter lebih kepada tone warna, kalau efek ini lebih berfokus pada memberikan efek lucu pada ekspresi wajah misalnya hingga penggunaan efek sebagai latar belakang agar video konten kamu lebih terlihat hidup. Kamu akan dihadapkan dengan berbagai variasi efek pada fitur ini yang dijamin membuat kamu bingung mau memilih yang mana. Etsss ga perlu khawatir lemonians, kamu fokus saja dengan ide konten awal kamu dan tentunya Tiktok sudah memberikan kemudahan untuk kamu memilih karena sudah dibagi berdasarkan kategori penggunaan nya. Banyaknya variasi pada fitur ini akan mendorong kamu untuk menjadi lebih kreatif dalam mengelola konten kedepannya. Jika kamu ingin memberikan kesan yang fresh dan tampilan beda dari yang lain maka kamu bisa menggunakan efek-efek yang jarang digunakan oleh orang lain. Kuncinya kamu ga boleh pesimis, selagi ide konten kamu menarik dan matang pasti banyak orang yang akan menontonnya. Atau kamu juga bisa menggunakan efek-efek yang sedang dibicarakan oleh orang banyak atau yang sedang trend.

Teks dan Stiker

Jadi ini dia fitur terakhir yang akan kita bahas kali ini, yaitu penambahan teks dan stiker pada video konten Tiktok kamu. Kira-kira apakah penting untuk menambahkan teks? Penambahan teks pada video konten kamu itu sangat penting terutama konten bisnis dimana kamu bekerja sama dengan brand tertentu. Hal tersebut berfungsi untuk memudahkan kamu dalam menyampaikan pesan kepada orang banyak. Video Tiktok yang tidak bisa kamu reverse maka akan sulit orang lain menangkap apa maksud dari video konten kamu jika banyak pesan yang ingin disampaikan. Akan jauh lebih mudah jika kamu menambahkan teks agar pesan yang perlu disampaikan dapat diterima dengan baik tapi tentunya dengan style yang menarik untuk dilihat. Kemudian, fitur stiker dapat kamu gunakan untuk sekedar memberikan hiasan pada video konten kamu agar tidak terlalu plain. Fitur stiker dapat kamu sematkan sebagai bagian dari video dimana ukuran bisa disesuaikan dengan pergerakan yang ada. Jadi stiker ini bukan lagi hanya sekedar efek statis dan overlay.

Jadi itu dia 4 fitur dasar yang bisa kamu explore jika kamu baru mau merambah ke platform Tiktok. Pada tahap awal kamu bisa membuat konten-konten yang memang kamu kuasai atau sekedar hobi kamu, contoh menari. Kamu bisa dengan cara mengikuti dance challenge yang sedang trend saat ini banyak sekali pilihannya, kamu bisa langsung explore dari hashtag yang ada. Jika kamu merasa tidak percaya diri, ajak teman kamu untuk sekedar seru-seruan.

Bangun dulu pondasi awal dengan cara rajin membuat konten, jangan pesimis dengan hasilnya dulu karena semua itu butuh proses lemonians. Gali terus ide apa yang perlu kamu buat untuk konten-konten kamu kedepannya. Karena semakin kesini sudah mulai banyak loh brand besar yang mencari seorang influencer yang aktif di Tiktok. Seperti contoh di Lemon Influencer sendiri sudah pernah buka lemon campaign dengan task posting di Tiktok yaitu campaign CTDG S2. Nah kamu ga mau kelewatan kesempatan-kesempatan seperti itu kan? Kamu bisa mencoba terlebih dahulu 4 fitur dasar diatas supaya kamu bisa semakin kreatif lagi dalam membuat ide-ide konten menarik lainnya. Selamat mencoba!

Tertarik menjadi bagian dari Lemon Influencer? banyak produk menarik menanti untuk kamu review loh. Daftarkan diri kamu sekarang! Langsung aja klik disini

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign