Kenali Algoritma Terbaru Instagram Yang Perlu Kamu Ketahui

kenali profil instagram influencer sebelum endorse makanan

Table of Contents

all engagement is important and appreciated

sylviaduckworth

“Kok angka insight hari ini sama kemarin beda ya?”

“Kok insight aku turun?”

“Kok views story angkanya kecil banget ya?”

“Postingan kamu yang ini ga muncul di aku loh”

Siapa disini yang mengalami hal serupa dengan kasus diatas? Kamu jangan patah semangat dulu ya lemonians, angka insight yang kecil bukan berarti konten kamu tidak menarik tapi saat ini Instagram sudah merubah perhitungan algoritma dengan yang terbaru. Kamu simak artikel berikut ya dijamin kita akan kupas tuntas supaya insight kamu bisa lebih stabil seperti kemarin-kemarin

Algoritma Instagram Story

Kamu sadar tidak kalau insight story saat ini jika sudah melewati lebih dari 24 jam angka nya akan sangat berbanding jauh pada saat story tersebut masih tayang. Oleh karena itu, jika kamu sedang bekerjasama dengan sebuah brand dan mereka meminta kamu untuk submit insight lebih baik jika sudah tayang sekitar 20-22 jam langsung kamu screenshot saja agar angka yang berhasil kamu collect masih berupa angka original viewers kamu. Selain permasalahan insight yang bermasalah, sadar tidak kalian kalau sekarang tampilan stories tersusun tidak lagi berdasarkan waktu berapa lama mereka sudah posting melainkan Instagram akan menampilkan lebih awal akun-akun yang kamu sering lakukan interaksi. 

Interaksi pada followers kamu akan sangat membantu dalam memperbaiki angka insight kamu loh. Hal-hal yang dapat kamu lakukan sebagai berikut :

  1. Membuka sesi Q&A
  2. Membalas DM yang masuk
  3. Membuat konsep story yang melibatkan followers kamu seperti  “This or That”

Algoritma Instagram Feeds

Selain instagram story, feeds saat ini juga mengalami perubahan loh. Biasanya tampilan pada layar utama Instagram kamu hanya muncul postingan dari orang-orang yang kamu follow saja, betul kan? Tapi dengan adanya algoritma terbaru, saat ini Instagram memunculkan konten pada layar utama dengan menyesuaikan interest, dan aktivitas kamu di Instagram atau bisa dikatakan seperti pada fitur explore .

Hal ini berdampak pada beberapa orang sulit menemukan postingan kamu, beberapa faktor dapat terjadi salah satunya mungkin kamu jarang berinteraksi dengan pemilik akun tersebut. Selain itu juga mempengaruhi angka insight kamu yang juga mengalami penurunan. Oleh karena itu, berikut akan kami berikan tips agar postingan konten kamu tetap stabil insight nya. 

Tahukah kamu bahwa dalam Instagram Feed terdapat 4 hal yang dapat menentukan angka insight kamu? Ya betul, likes, comments, share, dan saved. Kira-kira dari keempat hal ini mana sih yang menurut kamu paling penting memiliki angka tertinggi? Kebanyakan dari orang-orang lebih mementingkan angka likes padahal pada kenyataan nya menurut algoritma terbaru Instagram justru adalah angka saved yang memiliki peranan penting sebagai tolak ukur audience engagement akun kamu. Kemudian yang kedua adalah, shared lalu disusul oleh jumlah komen dan yang terakhir baru masuk ke angka likes.

Dengan kata lain postingan yang memiliki jumlah saved terbanyakan justru akan sering muncul pada fitur suggested post pada seluruh pengguna Instagram sehingga dapat mencangkup audience lebih banyak yang menguntungkan pada angka pada insight kamu.

https://www.instagram.com/p/CFx7FHIhHLG/

Jadi saat ini algoritma Instagram terbaru lebih memfokuskan pada angka jangkauan atau reach, hal tersebut terjadi karena ternyata angka jangkauan dapat menentukan semakin tinggi angkanya pada postingan kamu maka semakin tinggi engagement yang kamu peroleh. Pada dasarnya angka reach diperoleh dari seberapa banyak akun-akun unik atau akun yang bukan menjadi followers kamu dapat mengakses atau melihat postingan kamu. Dengan adanya algoritma terbaru pada Instagram jangan membuat kamu patah semangat dalam membuat konten ya, kenali dan pelajari hal-hal terbaru dalam dunia sosial media. Jangan lupa juga untuk berdiskusi dengan teman-teman sesama influencer karena itu bagus untuk kamu memperluas pengetahuan dalam bidang sosial media. Menurut kamu apa lagi yang bisa dilakukan agar insight kamu jadi lebih stabil selain cara-cara yang sudah disampaikan? Langsung komen di bawah yaa..

Tertarik menjadi bagian dari Lemon Influencer? banyak produk menarik menanti untuk kamu review loh..Daftarkan diri kamu sekarang! Langsung aja klik disini

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign