Yuk Kenali Fitur dan 3 Manfaat Instagram Reels untuk Bisnis Kamu

cover article instagram reels LEMON Influencer Platform
Fitur terbaru, Instagram Reels yang kerap dinilai mirip dengan pesaing ternyata bermanfaat untuk bisnis kamu. Yuk kenali lebih jauh.

Table of Contents

Instagram Reels adalah fitur baru yang diluncurkan sejak 5 Agustus 2020 silam dan kali ini resmi dapat diakses warga Indonesia beberapa waktu lalu.

Dengan munculnya Instagram Reels, para kreator dan marketer bisa lebih kreatif dalam mencuri perhatian audiens.

Melalui artikel ini, LEMON ingin kamu berkenalan dengan Instagram Reels lebih dekat serta ketahui 3 manfaatnya dalam mengembangkan bisnis. 

Dimulai dengan mengenal apa itu Instagram Reels.

Apa Itu Instagram Reels?

Instagram Reels adalah fitur video berdurasi 15 detik dengan iringan musik dan kreatif editing tools yang bisa dibagikan ke Stories, Explore, dan Feed.

Instagram Reels kerap dinilai mirip dengan pesaingnya, TikTok. Memang, sedikit banyak cara kerja algoritmanya pun dipengaruhi oleh akun yang kamu ikuti, interaksi dengan jenis konten dan lokasi.

Fitur baru Instagram reels

 

Photo by @grstocks’ unsplash.com

Seperti halnya dengan TikTok, FYP atau for you page untuk Instagram Reels ini berada di tab  Feed profil kamu. Untuk kamu pengguna Instagram dengan akun yang terkunci tetap bisa menikmati fitur ini. Namun, followers saja yang bisa melihat konten Instagram Reels kamu.

instagram reels di profil feed
Photo by @lemoninfluencer.id

 

Fitur Instagram Reels yang Tidak Kalah Seru

Instagram Reels memiliki variasi tools untuk membuat video kamu menarik, seperti:

  • Audio: Temukan lagu dan musik di daftar koleksi Instagram dan gunakan untuk mengiringi video kamu. Tidak hanya itu, kamu bisa menggunakan audio original saat merekam. Akun lain juga berkesempatan untuk menggunakan audio kamu jika akun tidak terkunci. Sehingga audio reel Instagram kamu mudah meluas ke pengguna lainnya.

Instagram music library untuk iringi Instagram Reels

  • AR Effects: Instagram menyediakan koleksi efek yang bikin Reels kamu makin seru. Efek-efek ini tidak hanya disediakan Instagram, kreator pun dapat membuat efek sendiri. Seperti di Instagram Stories. Reel Instagram kamu akan terlihat lebih aesthetic dengan efek-efek tersebut.
  • Timer dan Countdown: Atur waktu rekam otomatis Reel Instagram kamu untuk mempermudah proses pembuatan video dengan konsep on-stage.

time feature untuk instagram reels

  • Align: Fitur ini bertujuan membuat objek seperti stiker atau tulisan yang disisipkan video sebelumnya lebih rapi saat transisi. Jika kamu memotong video menjadi beberapa bagian, fitur ini juga bermanfaat agar lebih presisi. Alhasil, reel Instagram kamu terlihat lebih profesional.
  • Speed: Pengguna bisa mempercepat atau memperlambat video atau audio sesuai kebutuhan.

speed feature on instagram reels

Setelah mengetahui apa itu Instagram Reels dan fitur-fiturnya, saatnya untuk mengetahui cara menggunakan Instagram Reels.

Cara Menggunakan Instagram Reels 

Instagram Reels adalah cara terbaru untuk membangun komunitas dan menjangkau lebih banyak pengguna di Instagram dengan konten yang lebih kreatif.

Berikut 2 cara menggunakan Instagram Reels sebagai strategi marketing bisnis kamu:

Gali Lebih Dalam Kreativitas Kamu

Instagram Reels adalah cara mudah dan menyenangkan untuk membuat konten unik yang dikemas dengan efek khusus. Apalagi jika konten Feed kamu lebih dominan dengan desain dan vektor, Munculnya Instagram Reels menjadi kesempatan bagi bisnis kamu berinteraksi dengan audiens secara lebih personal.

instagram reels sebagai strategi baru untuk bisnis di media sosial

 

Photo by @@firmbee‘s unsplash.com

Edukatif dan Fun

Gunakan Instagram Reels untuk konten yang sesuai dengan industri bisnis. Berikan pengguna edukasi tentang produk-produk kamu. Bagaimana cara mix dan match rok dari brand kamu, 5 makeup wajib untuk zoom meeting dan sebagainya. Buat konten yang relevan!

Manfaat Instagram Reels untuk Bisnis

Tiga manfaat utama dari Instagram Reels untuk Bisnis kamu:

Tingkatkan Brand Awareness dengan Mudah.

Semenjak keberadaan media sosial melonjak, membuat pengguna dapat mengetahui konten yang menarik atau tidak hanya dalam 8 detik. Dengan rentang waktu ini bentuk konten video sangat cocok untuk menjaga perhatian audiens yang ditargetkan.

Di reel Instagram, kemudahan audio dan efek yang kamu buat untuk digunakan oleh pengguna lain sangat membantu akun kamu di lirik. Semakin banyak audio dan efek reel Instagram kamu digunakan pengguna lain, semakin banyak juga akun kamu dilihat pengguna.

Kesempatan Berada di Explore Page

Dikutip dari situ resmi, Instagram Reels akan lebih didorong untuk muncul di halaman explore agar lebih menjangkau banyak pengguna. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini.

Seperti Instagram Post lainnya, jika kamu mendapatkan interaksi yang cukup, reel Instagram akan mendorong kamu ke tab Explore tempat pengguna lain berpotensi melihat konten reel Instagram kamu. Semakin banyak interaksi yang dihasilkan, semakin mudah muncul di halaman explore. Pastikan reel Instagram kamu tidak watermarked sehingga lebih mudah terdorong ke explore page.

Menunjukan Brand Personality.

Saat kamu membuat Instagram Reels, tunjukan keaslian kepribadian brand kamu. Konsumen dan audiens ingin diperlakukan seperti manusia dan bukan hanya dijadikan sumber keuntungan. Ceritakan tentang brand kamu, perkenalkan diri kamu dan bangun hubungan dengan baik. Tunjukan kepribadian kamu kamu dengan konten yang emosional dan penuh hiburan. Gunakan kesempatan ini untuk lebih menggaet konsumen dengan reel Instagram.

kamu juga bisa menjawab pertanyaan seputar brand kamu yang paling sering ditanyakan audiens.

This-is-the-sign-you've-been-looking-for-grow-you-business-through-Instagram-Reels-reel-instagram

 

Photo by Austin Chan‘s unsplash.com

Jika kamu ingin mengembangkan bisnis di tahun 2021 dan mencari peluang yang mudah, maka Instagram Reels adalah kesempatan yang bagus. Penting untuk diingat kalau Instagram adalah platform dengan engagement rate tertinggi dibandingkan platform lain.

banner-cta-make-smarter-investment-on-influencer-marketing-on-your-reel-instagram-reels-start-from-Rp10juta-pick-up-100-influencers-monitor-your-campaign-and-generate-more-word-of-mouth-discovery-more

Thumbnail by Unsplash

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign