“How to Grow Your Engagement Rate” – Webinar Lemon Squad Academy, Juni 2020

Table of Contents

power is gained by sharing knowledge not hoarding it

Hai lemonians! πŸ‹πŸ’›

Pada hari Sabtu tanggal 13 Juni 2020 lalu, Lemon Influencer mengadakan Lemon Squad Academy yang dilangsungkan secara online dihadiri oleh 20 lemon squad beruntung. Webinar tersebut membahas terkait bagaimana langkah-langkah atau tips dalam meningkatkan Engagement Rate atau ER. Dimana acara tersebut dipandu oleh Putri Lestari, yang merupakan Community Development dari Lemon Influencer yang berperan sebagai moderator dan yang bertindak sebagai narasumber kami menghadirkan Wina Adyanan, merupakan KOL Specialist dari Lemon Influencer.

Lemon Squad Academy kali ini disambut antusias cukup besar dari para Lemon Squad terlihat selama webinar ini berjalan tak sedikit dari para Lemon Squad memenuhi kolom chat untuk menanyakan beberapa perihal yang dibahas pada seminar kali ini. Lemon Squad Academy ini sendiri bertujuan untuk memberikan ilmu, berbagi pengalaman, dan berdiskusi secara langsung antara tim Lemon dan Lemon Squad seputar per-influencer-an. Sebelumnya Lemon Squad Academy ini sudah sering diadakan, dimana Putri sebagai Community Development selalu membagikan materi yang telah disiapkan kemudian dibagikan pada grup whatsapp Lemon Squad. Namun tim Lemon pun akhirnya mencoba hal baru dimana pelaksanaan Lemon Squad Academy ini dilakukan melalui webinar atau seminar yang dilakukan secara online, yang diadakan pada minggu lalu. 

Wina sebagai narasumber pada kesempatan Lemon Squad Academy kali ini, banyak membahas seputar ER. Seperti yang kita ketahui bahwa ER merupakan salah satu daya jual bagi KOL untuk menjalin kerjasama dengan brand. Oleh karena itu Wina banyak mengupas lebih dalam terkait bagaimana tips dan trik dalam menaikan ER. Nah..buat kalian yang belum sempat hadir pada webinar tersebut, aku disini akan berbagi bocoran informasi terkait hal tersebut. So baca sampai habis yaa…

Tahukah kalian ER menjadi salah satu indikator penting ketika brand atau agensi saat akan memilih kamu untuk bekerjasama dengan mereka?

Nah berikut tips dan trik cara meningkatkan ER kamu menurut Wina,

  1. Membuat konten sesuai minat audienceΒ 

Pada poin ini perlu diperhatikan bahwa followers atau audience kamu menjadi salah satu yang menentukan performa kamu loh. ER itu dihitung berdasarkan data insight yang diperoleh dari postingan kamu, yang terdiri dari like comment share dan save. Jadi kira-kira apa yang perlu kamu lakukan? Buatlah konten yang menarik minat followers kamu. Kamu dapat melakukan mini research apa yang tengah happening tapi perlu diingat jangan sampai demi menarik minat followers, kamu sampai lupa jati diri kamu contoh kamu suka masak tapi karena lagi viral pass brush challenge kamu akhirnya ikut-ikutan untuk buat konten make up. Nah disinilah kreatifitas kamu diuji lemonians, kamu bisa loh bikin challenge lain yang sesuai dengan minat kamu. Setelah itu, buatlah konten kamu yang eye catching. Jadi jangan buat konten yang asal-asal an yaa, buatlah postingan kamu lebih terkonsep sehingga followers kamu pun semakin tertarik untuk menunggu hasil dari konten kamu. Mungkin kalian bingung ya, bagaimana cara kita mengetahui minat audience? Kalian cukup melihat berapa banyak yang meng-save postingan kalian, dimana bisa diperoleh dari data insight.

  1. Gunakan hashtag yang relevan

Wina menjelaskan bahwa ada 4 tips yang dapat kita lakukan seputar hashtag ini loh seperti gunakan hashtag di kolom komentar pertama, lalu cobalah untuk menggunakan hashtag yang disarankan oleh instagram, kemudian jangan lupa untuk menggunakan hashtag saat membuat instagram story , dan yang terakhir gunakan hashtag lebih dari 10. Perlu diingat juga bahwa hashtag yang digunakan harus relevan dengan konten yang kamu posting yaa, jangan sampai postingan kamu soal masak tapi kamu menambahkan #beautyhacks maka itu akan sangat tidak relevan.

  1. Membuat jadwal postingan

Kira-kira kenapa sih kita perlu menjadwal postingan kita? Hal ini dilakukan untuk menjaga konsistensi performa ER kamu loh. Karena jika kamu terlalu sering dan jarang posting akan berdampak besar bagi insight kamu. Petakan dalam sebulan apa saja yang akan kamu posting, sehingga matrix insight kamu bisa tetap terjaga. Jangan sampai kamu terlalu sering posting atau bahkan jarang sekali posting yang ada kamu akan kehilangan animo followers kamu atau yang terburuk mereka unfollow kamu. (aduuuh jangan sampai yaa..menjaga yg sudah ada itu memang berat tapi pasti kamu bisa)

  1. Membangun relasi

Mungkin banyak dari kalian merasa bahwa apa sih pentingnya membangun relasi disini? Jadi menurut Wina, membangun relasi ini dirasa sangat penting sebagai indikator untuk meningkatkan ER karena dengan kita bergabung dengan sebuah komunitas dan menjalin kerjasama dengan influencer lain dapat menunjang kita untuk membuat konten menjadi lebih variatif. Selain itu kalian juga bisa berbagi ilmu dan pengalaman dengan mereka loh. Contoh di Lemon Squad kita memberikan fasilitas grup whatsapp dan juga terdapat Lemon Squad Academy. Dimana hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan diri dan menerima masukan dari orang lain. Semakin banyak kamu memiliki relasi sesama pembuat konten maka akan semakin baik buat kamu dalam menemukan ide-ide untuk konten kamu sendiri. Ingat di dunia ini kamu tidak sendiri lemonians…hehe

Nah itu dia 4 tips yang dapat kamu lakukan menurut Wina untuk meningkatkan ER kamu agar brand atau agensi lebih tertarik untuk memilih kamu, lemonians.. 

Setelah itu kami pun membuka sesi tanya jawab dimana Lemon Squad yang hadir sangat menyambut antusias sesi tersebut karena mereka bisa secara langsung berdiskusi terkait ER. Pada kesempatan ini pun, Tim Lemon juga berbagi pengalaman kepada Lemon Squad bagaimana praktiknya brand saat memilih KOL, dimana ER merupakan indikator penting saat brand akan memilih. 

Kemudian sebagai bentuk apresiasi kepada Lemon Squad yang hadir, kami tim Lemon sudah menyiapkan hadiah menarik berupa surprise Lemon Box. Jadi pada Lemon Squad Academy kali ini tim lemon sudah menyiapkan beberapa Best Category untuk Lemon Squad perebutkan πŸ†. Pertama ada Best Dress, jadi meskipun ini hanyalah seminar online tapi tetap harus tampil on point dong yaa supaya lebih terasa seminar nya hehe. Selain itu ada juga Best Post, disini kita menantang mereka untuk berpikir kreatif. Dan yang terakhir Best Question, pada kategori ini kami ingin melihat seberapa besar rasa ingin tahu Lemon Squad terkait ER dan apakah kira-kira mereka memperhatikan seminar dari awal hingga terakhir? hehe 

Setelah itu Webinar Lemon Squad Academy kali ini pun ditutup dengan foto bersama..Β 

Sampai jumpa di Lemon Squad Academy selanjutnya! πŸ‹πŸ’›

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign