Paid Endorsement dan Influencer Gifting Untuk Bisnis

paid endorsement adalah
Influencer gifting dan paid endorsement adalah strategi yang sama namun berbeda dalam memberikan reward untuk influencer.

Table of Contents

Influencer gifting dan paid promote endorsement adalah strategi yang sering terlintas di kepala para pebisnis untuk tetap eksis dalam persaingan digital.

Namun, banyak dari mereka yang belum menentukan pencapaian yang jelas dalam aktivitas influencer marketing. Bahkan, pengertian dari setiap strategi pun masih terbilang rancu bagi sebagian orang.

Hari ini, LEMON membahas tentang dua perbedaan strategi influencer marketing melalui paid promote atau endorsement dan influencer gifting. Kedua kerjasama ini menawarkan reward yang berbeda. Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita samakan persepsi apa itu endorsement.

Apa Itu Endorsement?

Paid promote endorsement adalah memberikan imbalan ke influencer yang memiliki jumlah followers tinggi

Paid endorsement adalah  memberikan sebuah imbalan ke influencer yang memiliki jumlah followers tinggi berupa fee sesuai dengan rate card influencer tersebut. Fee ini adalah imbalan untuk konten promosi di media sosial mereka.

Kenapa sih berbayar? Jangkauan campaign lebih luas, audiens influencer lebih besar, dan menciptakan potensi baik dalam sales dan ROI merupakan alasan kuat untuk endorsement berbayar.

Apakah Paid Endorsement Efektif?

Paid promote endorsement adalah cara yang terbilang efektif bagi Anda yang memiliki budget yang cukup besar, endorsement atau sering disebut paid promote mengajak Macro dan Mega influencer untuk bekerjasama. Dan menawarkan Anda ratusan ribu reach dalam sekali promosi. Exposure yang tinggi menjadi pertukaranan antara fee yang Anda berikan dan hasil yang Anda dapatkan.

Macro dan Mega influencer pun sudah memiliki pengalaman profesional dalam membuat konten promosi yang unik. Tentu ini menjadi value dan alasan kenapa paid endorsement sangat efektif. Anda tidak perlu khawatir tentang kualitas konten yang akan dibuat!

@tamaradai_

Reply to @aestheticgrlswag LEVIS X POKéMON HERE WE GO!I mix & match the collection with my own items.For more collection www.levi.co.id #fyp #pokemon

♬ Pokemon – TV Theme Players

Apa Itu Influencer Gifting?

influencer gifting dan paid promote endorsement adalah strategi untuk mempromosikan produk dengan reward yang berbeda

Sesuai dengan namanya, influencer gifting adalah memberikan produk atau layanan gratis untuk selebgram. Sebagai gantinya, influencer ini akan mempromosikannya melalui media sosial. Nano dan Micro influencer sangat tertarik untuk bekerja dengan cara ini.

Kedua jenis influencer ini juga sangat senang berkontribusi dalam pertumbuhan dan perkembangan suatu brand, loh.

Nano dan micro influencer juga masih memiliki jumlah followers lebih sedikit, sehingga influencer gifting ini juga dapat menjadi cara mereka untuk membangun karir sebagai seorang selebgram

Apakah Influencer Gifting Efektif?

Berbeda dengan paid promote endrosement, influencer gifting cocok untuk Anda yang ingin mempromosikan produk namun dengan budget yang lebih tipis. Paid promote atau endorsement terbilang mahal dan sulit di akses oleh brand yang sedang merintis. Dengan adanya influencer gifting, semua brand dapat melakukan endorse sesuai kebutuhan. 

Influencer gifting terbilang efektif bukan hanya karena masalah budget loh, berikut beberapa faktor lainnya:

  • Nano dan micro influencer tidak kalah fantastis dalam menjangkau audiens baru. Mereka di nilai lebih optimal karena memiliki satu topik khusus sehingga Anda dapat memilih influencer yang sesuai dengan niche yang cocok.
  • Konten yang dihasilkan oleh nano dan micro influencer juga dapat dijadikan sebagai UGC atau user-generated-content. Konten tersebut merupakan salah satu cara untuk membangun awareness di sosial media. 
  • Influencer nano dan micro biasanya memiliki tingkat engagement rate yang lebih tinggi, hubungan dan ikatan yang lebih kuat dengan followers mereka. 

Paid Endorsement dan Influencer Gifting. Pilih Mana untuk Bisnis?

Kapan Harus Pakai Paid Endorsement?Kapan Harus Pakai Influencer Gifting?
Anda ingin berfokus pada exposureAnda ingin konten yang menjamin
Ingin meningkatkan sales dan conversionsHasilkan user-generated-content 
Sudah memiliki list influencer yang ingin diajak kerjasamaJika alokasi budget influencer marketing Anda terbilang rendah

Final Thoughts

Dapat disimpulkan dari kedua strategi ini, masing-masing punya keuntungannya sendiri. Kembali lagi ke goals apa yang ingin Anda dapatkan dalam influencer marketing. Jika Anda masih ragu memilih mana yang cocok untuk Anda, konsultasikan bisnis Anda dengan tim kami.  LEMON berikan solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

LEMON influencer platform, influencer gifting dan endorsement yang lebih mudah untuk Anda

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign