Yuk Memahami Arti KOL Management dan Endorsement

Cover artikel kontra endorsement dan atasi dengan KOL Management
Meledaknya minat brand lakukan endorsement menyebabkan adanya kontra yang terjadi, KOL Management adalah cara untuk atasi hal ini. Baca terus untuk cari tahu!

Table of Contents

KOL management adalah cara untuk menjalin hubungan bersama individu dalam menjalankan endorsement. Endorsement sendiri menjadi pelengkap bisnis yang membentuk sebuah keharusan aksi di era digital. Media sosial menjadi wadah yang paling sering diincar untuk endorsement.

Saat individu memiliki banyak jumlah pengikut, tawaran promosi produk kerap datang menghampiri. Individu ini yang disebut sebagai influencer, key opinion leader atau yang paling dikenal sebagai selebgram.

Hal ini membantu perkembangan bisnis untuk menggapai banyak potensial konsumen. Pernyataan ini didukung oleh adanya pemblokiran iklan dari browser dan telepon genggam, menyebabkan turunnya daya guna iklan dalam menjangkau konsumen. 

Para pemilik bisnis perlu memutar otak lebih keras. Begitu endorsement muncul ke permukaan, inilah yang menjadi jalan pilihan.

https://youtu.be/uD2LK8vz-KM

Apa Arti Endorsement?

Endorsement artinya adalah dukungan berupa aksi promosi berbayar maupun tidak yang dilakukan oleh individu selebgram atau influencer. Aksi tersebut bertujuan untuk mengaktifkan eksistensi bisnis di mata konsumen. Tidak hanya itu, endorsement cukup memiliki banyak manfaat terhadap bisnis.

Apa saja manfaat endorsement?

Memperkenalkan produk ke konsumen lebih luas

Endorsement memperkenalkan produk ke konsumen lebih luas

Saat audiens belum pernah mendengar tentang produk, melalui endorsement produk dapat menggapai konsumen lebih luas terutama followers yang dimiliki selebgram.

Tingkatkan kepercayaan konsumen dengan ulasan

Bentuk promosi yang dilakukan bisa berupa review dan tutorial yang bisa meningkatkan kepercayaan konsumen.

Tingkatkan kredibilitas

Kredibilitas meningkat dibantu dengan word-of-mouth marketing yang menjadi asset brand.

Tingkatkan konversi

Saat konsumen sering mendengar rekomendasi produk dari orang lain, mereka mulai penasaran untuk merasakan dan membuktikan langsung tentang produk tersebut. Di sinilah konversi terjadi, dengan melakukan aksi pembelian.

Menghindari pemblokiran iklan

customer use ad block

Seperti yang kita ketahui, pemblokiran iklan terjadi sekitar 47%, konsumen merasa lelah dengan iklan yang bermunculan dan akhirnya menggunakan software pemblokir iklan.

Kontra Endorsement yang Terjadi

Namun, melejitnya minat brand dan marketer dalam endorsement tentu membuat masyarakat juga berlomba-lomba menjadi seorang influencer atau selebgram.

Berbagai cara dilakukan untuk mencapai tujuan. Yang paling sering dilakukan dengan membeli sejumlah pengikut bodong hingga buzzer komen dan likes untuk tingkatkan engagement.

Brand perlu melakukan riset lebih jauh tentang keaslian dan cara selebgram atau key opinion leader dalam mempromosikan produk sebelum endorsement dilakukan. Karena, perihal ini dapat merusak citra dan nama baik brand.

Penggunaan jalan pintas seperti ini bukan hanya merusak citra dan nama baik brand, namun juga berpengaruh ke ulasan influencer yang sesungguhnya.

Yang berdampak pada pengguna sosial media yang mulai skeptis dengan kejujuran influencer atau selebgram.

Baca juga cara memilih influencer yang tepat.

Belum lagi, strategi ini bukan hanya sekedar menemukan influencer yang cocok. Brand juga harus menjaga relasi dengan influencer.

Relasi ini tentu berpengaruh ke kualitas influencer dalam kerjasama. Seperti halnya jika menjaga kinerja karyawan. Bila karyawan tidak merasa nyaman, bagaimana mereka bisa bekerja maksimal? Jika Influencer tidak memiliki relasi baik dengan brand kamu, bagaimana mereka bisa mempromosikan brand dengan maksimal?

Brand dan Marketer Kewalahan dalam Jalani Endorsement

illustration of a man feel overwhelmed due to tracking metrics and research for endorsement without KOL Management
Photo by Usman Yousaf on Unsplash

Banyaknya cara mengukur dan hal yang harus di riset membuat pebisnis kewalahan. Aksi-aksi yang dilakukan memakan banyak waktu. Menjaga hubungan yang baik dengan KOL atau influencer kerap juga menghabiskan tenaga.

Lantas, apa yang harus dilakukan brand untuk menghindari hal-hal di atas? Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan KOL management.

Apa Arti KOL Management?

KOL Management diibaratkan sebagai role yang menangani hubungan baik brand dan KOL. Tidak hanya itu, KOL Management juga membantu memberikan arahan saat endorsement berjalan agar lebih efektif dan efisien.

illustration of a team as a KOL Management is discussing about plan for endorsement or influencer marketing
Photo by Austin Distel on Unsplash

Tugas KOL Management

Mengidentifikasi KOL yang Cocok dengan Produk

Ternyata, walaupun endorsement melejit sangat tinggi beberapa tahun belakangan, brand masih mengalami kesulitan memillih influencer yang cocok. Oleh karena itu, KOL management akan membantu mengidentifikasi.

KOL Manegement Adalah Jembatan Brand Mengenal Audiens

Beredarnya buzzer likes dan komen membuat pekerjaan brand semakin banyak untuk meriset lebih jauh. Nah, KOL Management bertugas untuk mengenali KOL yang ber-audiens real.

Mengatur dan Mengawasi Jalannya Endorsement Agar Sesuai dengan Rencana

Campaign endorsement yang dilakukan brand dan marketer tentu memiliki tujuan dan waktu-waktu yang sudah ditentukan. Seperti beberapa hari sebelum tanggal cantik, bersamaan dengan rilisnya produk dan sebagainya.

Tim dari KOL Management pastinya akan mengawasi selebgram atau influencer ini untuk mengunggah di waktu yang tepat. Untuk menghindari terjadinya hal di luar rencana.

KOL Management adalah Salah Satu Cara dalam Menjaga Relasi

Relasi juga penting untuk dijaga bersama selebgram atau influencer, apalagi jika performa yang diberikan sesuai dengan kriteria. Pastinya brand ingin bekerja sama kembali dengan selebgram tersebut.

Salah Satu Tanggung Jawab KOL Manegement Adalah Menyusun Report Hasil Jalannya Campaign

Mengumpulkan, menyusun dan merangkum keberhasilan campaign juga menjadi tugas KOL Management yang dapat meringankan pekerjaan brand dan marketer.

Dengan adanya KOL management ini, pebisnis dan marketer dapat menghemat waktu lebih banyak waktu dalam menjalankan endorsement. Dan KOL Management juga membantu brand dalam menjaga nama baik dengan menghindari selebgram atau influencer palsu

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Lemon Influencer Platform (@lemoninfluencer.id)

Strategi KOL management berpengaruh besar untuk tujuan endorsement ini sendiri. Dengan menjalankan campaign secara terstruktur, brand dan marketer pun lebih mudah untuk mengukur keefektifitasan strategi yang dilakukan. 

Tertarik untuk endorse KOL? LEMON hadir untuk memudahkan brand dalam menjalankan endorsement atau influencer marketing dengan KOL Management. Dengan 29K+ influencer dari berbagai kategori dalam satu platform.

Kamu bisa pelajari lebih lanjut tentang bagaimana LEMON Kol Management membantu endorsement untuk brand kamu.

KOL Management Agency LEMON. Klik gambar untuk jalankan influencer marketing dengan mudah.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign