Sebelum Endorse Selebgram TikTok, Hal Ini Perlu Diketahui

Mock up TikTok App on phone screen
Maraknya pengguna, brand dan marketer berkesempatan menggaet lebih banyak pelanggan dengan endorse selebgram TikTok. Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui.

Table of Contents

Endorse selebgram TikTok saat ini menjadi sasaran empuk untuk kebutuhan marketing. Tidak dipungkiri lagi keuntungannya sebagai alat bantu tingkatkan brand awareness Anda. Karena itulah banyak brand ingin melakukan influencer marketing di Tiktok.

Pertama-tama, kenal lebih jauh dengan TikTok. Siapa yang tidak kenal dengan media sosial berbasis video yang rilis pada tahun 2017 ini? Kesuksesannya merebut hati masyarakat dengan adanya tren-tren menari, comedy, parody hingga konten edukatif, TikTok menjadi sangat populer di generasi Milenial dan Gen Z.

https://youtu.be/5_5CHAHpz40
LEMON Product Features That You Need to Know

Keberhasilan ini ditunjukan dengan menjadi peringkat ke 2 aplikasi iPhone yang paling banyak diunduh. Per Agustus 2020, jumlah pengguna TikTok di Indonesia pada saat itu mencapai 22.2 juta jiwa dengan estimasi pertumbuhan pengguna sebesar 57.5%. Dan pada Januari 2021, TikTok berhasil naik ke peringkat pertama menurut App Annie. Dengan begitu, alhasil brand dan marketer pun melihat kesempatan untuk terjun melakukan kegiatan marketing di TikTok. Salah satunya Influencer Marketing atau biasa dikenal dengan endorse seleb TikTok.

Dengan begitu maraknya brand lakukan endrose selebgram TikTok, sebenernya ada gak sih tantangan dalam menggunakan TikTok untuk endorse selebgram? Mari kita bahas lebih lanjut.

Tantangan Brand dalam Endorse Selebgram TikTok

Berikut beberapa tantangan yang brand hadapi dalam bekerjasama dengan selebgram Tiktok jika lakukan influencer marketing Anda di TikTok.

  • Gen Z tidak suka dijadikan “pasar”

Kategori audiens muda ini ternyata tidak suka dijadikan pasar. Mereka bisa dengan mudah melewati iklan yang brand Anda jalankan. Coba berikan sesuatu yang lebih mengedukasi dan menghibur untuk merebut perhatian mereka.

  • Maraknya selebgram bodong

Selebgram bodong ternyata tidak hanya berlalu-lalang di Instagram. Jadi, brand Anda harus mendeteksi adanya isu ini lebih mendalam. Nah, dengan artikel ini, LEMON akan memberikan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menjalankan endorse selebgram TikTok.

Baca Juga Top TikTok Akun yang Perlu Anda Ketahui untuk Endorse Selebgram TikTok 

banner cta make smarter investment on influencer marketing or endorse selebgram TikTok start from Rp10juta you can pick up to 100 seleb tiktok

3 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Endorse Selebgram TikTok

Total Video yang Diunggah 

Sudah biasa? Memang hal ini sudah biasa menjadi yang harus diperhatikan. Namun, ternyata parameter ini menjadi sangat kritikal. Dengan mengetahui jumlah video yang sudah diunggah, Anda dapat mengetahui akun selebgram tersebut bertumbuh naik atau tidak. 

Semakin banyak jumlah video yang diunggah, semakin besar kesempatan selebgram TikTok untuk menambah audiens. Anda pasti ingin bekerja sama dengan selebgram TikTok yang terus membangun audiens, bukan? 

Pertumbuhan Audiens dan Konten

Pelajari pertumbuhan audiens dalam 30 hari. Jika dalam periode waktu tersebut terjadi pertumbuhan yang konstan maka, seleb TikTok tersebut memiliki Return of Investment yang bagus. 

Bekerja sama dengan selebgram TikTok dengan pertumbuhan audiens yang baik, Return of Investment dari campaign endorse selebgram TikTok Anda juga akan meningkat sepanjang waktu. Kok bisa? Pernah lihat video yang diunggah 1 bulan yang lalu, namun lewat di FYP Anda?

Jika kinerja kontennya bagus, konten ini akan terus-menerus dimunculkan ke pengguna. Walaupun melewati waktu yang lama dari tanggal diunggah. Semakin relevan video dengan konten influencer, semakin tidak terlihat bahwa video tersebut adalah sponsor.

Dalam menemukan selebgram yang tepat untuk campaign Anda bukan hanya tentang jumlah “angka”. Namun bagaimana cara selebgram tersebut membangun audiensnya. Dengan memperhatikan kualitas konten, cara menyampaikan pesan, dan cari tahu bagaimana selebgram tersebut bekerja sama dengan brand sebelumnya. 

Rata-rata dari Jumlah Engagement Rate 

Jangan lupa untuk melihat rata-rata jumlah interaksi yang dimiliki selebgram TikTok. Angka ini dapat menjadi sebuah bayangan apakah selebgram patut untuk diajak bekerjasama. Pastinya, tinggi angka interaksi dengan audiens yang lebih sedikit menjadi pilihan investasi.

Menurut data riset, selebgram TikTok lainnya memiliki engagement lebih tinggi jika dibandingkan dengan jejaring sosial lainnya. 

  • Micro Influencer, selebgram dengan jumlah subscriber 10.000, memiliki engagement rate 17,96% di Tiktok dan 3.86% di Instagram
  • Mega Influencer, selebgram dengan jumlah lebih dari 1.000.000 memiliki engagement rate 4.96% di TikTok sedangkan 1.21% di Instagram.

Berapa engagement rate TikTok yang bagus?

Rata-rata engagement rate TikTok influencer LEMON mencapai 7%. Kategori LEMON influencer mulai dari nano hingga mega memiliki engagement rate TikTok yang berbeda-beda. 

Di LEMON Anda tidak perlu cek engagement rate influencer TikTok satu-per-satu karena data yang Anda butuhkan sudah disediakan di platform kami. 

Tips Konten Endorse Selebgram TikTok 

Berikut beberapa ide-ide untuk brand Anda lakukan bersama selebgram TikTok Indonesia.

  • Original Jingle

Gunakan jingle brand sebagai background song video Anda. Hal ini dapat menambah kesempatan pengguna lain untuk dapat menggunakan jingle Anda untuk konten mereka. Sehingga jingle Anda banyak dikenal. 

  • The Hashtag Challenge

Hashtag challenge lagi? Tentu saja. Kekuatan dari hashtag challenge dalam memperluas konten Anda sangat besar. Pengguna TikTok menunggu challenge apalagi yang bisa mereka ikuti. Lebih baik lagi jika Anda kombinasikan antara original jingle dengan hashtag challenge!

https://www.tiktok.com/@soniaonyaaa/video/6870690015333076226?sender_device=pc&sender_web_id=6974252417848935937&is_from_webapp=v1&is_copy_url=0
  • Tutorial

Selebgram TikTok mendemonstrasikan beberapa tips dan tutorial seperti make up, skincare, atau tergantung dari produk Anda.

https://www.tiktok.com/@alsachrisn14/video/6951619017085832450?sender_device=pc&sender_web_id=6974252417848935937&is_from_webapp=v1&is_copy_url=0
  • Creative Freedom/Be Authentic

Brand harus mengetahui bahwa selebgram TikTok terkenal dengan jenis konten yang berbeda-beda. Jadi berikan kreativitas penuh kepada selebgram, namun dengan catatan tetap sesuai dengan konten terbaik akun selebgram TikTok tersebut. Ada banyak seleb TikTok dengan ciri khasnya masing-masing.

  • Berinteraksi

Jangan lupa untuk tetap melihat kolom komentar konten endorse selebgram Tiktok Anda untuk membangun interaksi dengan audiens.

Banyak bukti menunjukan suksesnya endorse selebgram TikTok. Sekarang saatnya Anda untuk menggaet pelanggan lebih banyak dengan selebgram TikTok dari LEMON di sini.

banner-cta-make-smarter-investment-on-influencer-marketing-start-from-Rp10juta-pick-up-100-influencers-monitor-your-campaign-and-generate-more-word-of-mouth-discovery-more

Thumbnail by Unsplash

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign