Ternyata Data-Driven Influencer Marketing Bisa Bikin Campaign Kamu Lebih Profitable, Lho!

data-driven influencer marketing
Dalam melakukan program influencer marketing dengan menggunakan pendekatan berbasis data dapat membantu Anda menjalankan kampanye yang lebih menguntungkan, menarik, dan bertarget

Table of Contents

Sebagai seorang marketer atau pengusaha yang melakukan influencer marketing dengan cukup sering, pasti sudah paham kalau influencer marketing akan selalu berkembang secara terus menerus. Bahkan sudah diyakini sebagai sarana pemasaran yang efektif untuk kegiatan promosi.

Karena dirasa efektif, strategi influencer marketing pun juga berkembang. Salah satunya ternyata hasilnya bisa lebih menguntungkan adalah dengan menggunakan data driven . Sudah tahu bagaimana menggunakan pendekatan data driven ini? Sebelum itu mari kita simak dulu nih kenapa influencer marketing sangat begitu penting dalam konteks pemasaran di social media.

Mengapa Influencer Marketing Sangat Penting Dalam Pemasaran Social Media?

Social media erat kaitannya dengan konten dari berjuta-juta penggunanya. Konten yang disajikan pun beragam, tidak jarang konten-konten yang dipoles sedemikian rupa muncul di timeline. Padahal untuk saat ini jenis konten tersebut agak ketinggalan jaman dan kurang efektif. Saat ini audience di social media lebih menyukai konten yang apa adanya, authentic dan tidak dibuat-buat.

Percaya atau tidak, berikut data-data yang bisa anda jadikan pertimbangan:

  • 49% orang mengaku mengandalkan rekomendasi produk untuk membeli produk baru
  • 74% orang mengaku menggunakan social media platform untuk mengambil keputusan pembelian
  • 42% orang mengaku telah melakukan pembelian setelah melihat di video atau postingan influencer

Berdasarkan data di atas, bisa disimpulkan bahwa separuh persen orang-orang melakukan pembelian karena adanya influencer marketing. Melakukan kegiatan influencer marketing memang ada banyak cara. Anda perlu tahu jenis-jenis implementasi influencer marketing yang bisa dicontoh!

Activate your account here, it's FREE

Berbagai Jenis Kerjasama dengan Influencer yang Bisa Dijadikan Referensi

1. Memublikasikan konten influencer

Influencer akan membantu mengekspos brand anda dengan cara mem-posting konten yang relevan dengan personality mereka. Selain itu influencer juga akan memilih social media channels mana yang cocok untuk membahas brand anda.

2. Menjadikan influencer sebagai brand ambassador

Biasanya kalau sudah menggunakan brand ambassador, berarti anda telah bekerja sama dengan influencer terkenal dengan jangka waktu yang lama. Seseorang yang telah ditunjuk sebagai brand ambassador harus setuju untuk memasukkan brand message dan brand value anda di postingannya selama jangka waktu yang telah ditentukan.

3. Memanfaatkan affiliate marketing

Merekrut partner affiliate marketing mungkin merupakan cara yang paling efisien bagi anda untuk melakukan pemasaran afiliasi berbasis hasil. Hal ini disebabkan karena influencer nya dibayar berdasarkan jumlah audience yang terkonversi dari tautan yang dicantumkan.

4. Mengadakan kontes

Cara lain untuk menyusun kerjasama dengan influencer adalah dengan mengadakan kontes atau undian. Jenis kerjasama ini bisa memberikan produk dan sample gratis kepada influencer yang nantinya akan dibagikan kepada para pengikutnya dengan syarat dan ketentuan tertentu.

5. Sponsored content

Ini adalah hal yang paling mirip seperti advertising di banner-banner website. Postingan ini biasanya selalu memiliki kata-kata “sponsored” dan memiliki CTA (Call to Action) yang jelas untuk membawa konsumen ke halaman produk secara alami.

Jenis-jenis kerjasama dengan influencer telah dipahami, sekarang giliran bagaimana cara untuk melakukan influencer marketing dengan berbasis data driven?

data-driven influencer marketing
Photo by Thought Catalog on Unsplash

Cara Melakukan Data-Driven Influencer Marketing dengan Tepat

Ada 3 cara yang bisa anda lakukan nih. Apa aja sih? Simak sampai tuntas!

1. Menemukan influencer baru

Tantangan nyata dari pemasaran influencer adalah mengidentifikasi influencer baru dan yang akan datang untuk berkolaborasi secara teratur. Untuk bisa lebih baik dalam menjalani hubungan dengan influencer, maka perlu adanya pendataan secara berkala. Biasanya apa aja sih yang didata?

  • Jumlah followers
  • Rata-rata angka like per postingan
  • Level traffic, views dan engagement post
  • Subjek atau nama akun

Dengan begitu, anda bisa memilih partner influencer secara lebih strategis dan sesuai dengan brand goals anda.

2. Mengikuti trend saat ini

Cara lain yang sangat populer untuk memanfaatkan data driven influencer marketing adalah dengan mengidentifikasi dan melacak tren saat ini. Jika anda bisa memanfaatkannya, campaign yang anda jalankan akan jauh lebih approachable dan bahkan profitable karena sesuai dengan apa yang sedang dialami oleh sebagian besar audience.

3. Percayakan pada LEMON

Anda ingin lebih mempersingkat waktu dan tenaga? Shortcut semuanya dengan LEMON, karena kami sudah melakukan data driven influencer marketing sejak pertama kali didirikan. Karena kami percaya bahwa apapun yang mau kita lakukan harus mengacu pada data yang valid. Dengan data pula, kita lebih mudah untuk mengidentifikasi sesuatu dan mempersingkat waktu dalam pengerjaanya.

Sekarang nggak jaman lagi masih manual apalagi tidak punya data collection. Wah itu salah besar! Sekarang jamannya serba otomatis, dengan data yang kita punya bisa mempersingkat pekerjaan. Jika anda termasuk orang yang smart, tidak pikir panjang, langsung registrasikan diri anda di sini!

influencer campaign calculator

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Tips dan Trick Campaign

Dapatkan pekembangan Influencer Marketing terkini untuk bisnis Anda.

Rahasia Campaign Sukses

Tips Campaign Influencer Marketing Sukses hanya di LEMON Influencer Platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit