Influencer sebagai Kunci Sukses Community Marketing: Apa, Bagaimana dan Contoh

community marketing adalah
Strategi jitu yang bisa datangkan ribuan engagement, community marketing menggandeng pelanggan untuk mencapai keberhasilan bisnis!

Table of Contents

Sebagai salah satu penentu keberhasilan bisnis diperlukan adanya sebuah strategi yang baik. Community marketing adalah salah satu strategi yang banyak digunakan oleh marketer saat ini.

Salah satu tren paling signifikan dalam bisnis adalah cepatnya perubahan ekspektasi pelanggan terhadap interaksi dengan brand. 

84 persen pelanggan menganggap, pendekatan autentik dengan mendengarkan pelanggan menjadi faktor penentu kepuasan.

Oleh karena itu, pelanggan tidak hanya mencari produk yang bagus, tetapi juga pendekatan yang autentik dengan brand serta komunitas mereka. 

Pelanggan adalah sumber daya paling berharga bagi setiap bisnis. Mereka bukan hanya menginginkan produk atau layanan berkualitas, tetapi juga mencari nilai tambah dari brand yang mereka gunakan. Salah satu cara terbaik untuk memberikan value dan memperoleh loyalitas pelanggan adalah dengan mengembangkan hubungan yang kuat antara pelanggan dan brand.

Sebagai manusia, kebutuhan sosial dan emosional kita sangat penting. Oleh karena itu, banyak brand menggunakan community marketing untuk memanfaatkan hal tersebut.

Melalui artikel ini, LEMON akan membahas lebih dalam mengenai apa itu community marketing, bagaimana hal ini dapat membantu brand Anda dan contoh strategi yang telah dilakukan oleh brand lain.

Apa itu Community Marketing?

pentingnya community marketing
Photo by Nampix from Freepik

Community marketing merupakan strategi pemasaran yang memfokuskan pada pembentukan hubungan antara pelanggan dan brand melalui aktivitas sosial atau kegiatan lainnya.

Komunikasi dan interaksi yang kuat antara brand dan pelanggan melalui community marketing dapat memberikan banyak manfaat.

Dalam jangka panjang, hal ini dapat membantu memperkuat hubungan antara pelanggan dan brand, sehingga meningkatkan kesetiaan pelanggan dan memperluas basis pelanggan yang ada. Selain itu, dengan memanfaatkan jaringan komunitas yang ada, brand dapat memperluas jangkauannya dan memperkuat citra merek.

Ada dua jenis community marketing:

Organik

Dalam community marketing organik, pelanggan berkumpul untuk membentuk komunitas independen dari suatu brand yang mereka diskusikan. 

Di mana anggota komunitas mengarahkan pertanyaan dan feedback mereka kepada anggota lain. Dengan adanya komunitas, pelanggan dapat membantu menciptakan reputasi baik pada brand. 

Sponsor

Pada sponsor, brand atau perusahaan membentuk komunitasnya sendiri dan mendorong diskusi di dalamnya, serta memantau seluruh aktivitasnya. 

Seorang perwakilan dari brand dapat berperan sebagai anggota komunitas dan moderator yang menjawab pertanyaan dari anggota komunitas, menanggapi komentar, atau memberi tahu anggota tentang pembaruan brand.

Community marketing dapat memelihara komunitas pelanggan, yang membantu perusahaan memperbaiki segi pelayanan atau produk brand. Selain itu, perusahaan juga dapat mendengarkan masukan secara langsung dari pelanggan mereka.

Pembeda Community Marketing dengan Pemasaran Lain

Ada beberapa poin perbedaan antara community marketing dan bentuk pemasaran lain yang melibatkan periklanan, penjualan, hubungan masyarakat, dan promosi. Hal ini termasuk:

Audiens

Dalam community marketing, target audiens adalah pelanggan yang sudah ada, sedangkan bentuk pemasaran lainnya menargetkan pelanggan potensial yang masih belum dijangkau.

Tujuan

Pemasaran biasanya bertujuan untuk menarik orang baru untuk membeli. Pentingnya community marketing, strategi ini berusaha untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan pengalaman dan kepuasan mereka.

Hubungan

Pemasaran tradisional berusaha membangun hubungan antara brand dan pelanggan. Community marketing menargetkan ini juga, dengan mendorong hubungan antara pelanggan sebagai fokus utama.

Insight

Pada pendekatan pemasaran yang biasa, khususnya periklanan, brand mungkin mendapatkan masukan dari pelanggan sebelum menjual produk mereka.

Dalam community marketing, pelanggan dapat memberikan insight terhadap produk dan pengalaman saat menggunakan brand tiap membutuhkan masukan. 

Bagaimana Community Marketing Dapat Membantu?

pentingnya community marketing
Photo by Nampix from Freepik

Strategi community marketing dapat memberikan manfaat berupa value bagi brand dan pelanggannya. Bagi pelanggan, mungkin mereka dapat menikmati perasaan seolah sedang berinteraksi dengan orang-orang dari perusahaan Anda dan merasa diapresiasi oleh brand yang mereka dukung. 

Mereka dapat mengungkapkan pendapatnya dan memberikan saran terkait produk, layanan, dan praktik perusahaan. Bagi brand, community marketing dapat memberikan beberapa manfaat penting, antara lain:

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Pelanggan yang merasa diapresiasi oleh suatu brand cenderung setia pada brand tersebut. Hal ini memungkinkan brand untuk mempertahankan pelanggan mereka dalam jangka panjang. 

Pelanggan setia juga dapat menjadi ambassador untuk merek yang mereka dukung. Mereka dapat merekomendasikan brand pilihannya kepada kerabat terdekat. 

Pentingnya community marketing adalah untuk membantu perusahaan memperluas jangkauan konsumen melalui loyalitas pelanggan.

Mengembangkan Inovasi 

Pelanggan dapat membantu brand berinovasi dengan memberikan saran, ide baru, dan pengetahuan tentang kebutuhan pelanggan. 

Perusahaan sepatu belajar dari komunitas pelanggannya banyak yang tertarik pada genre musik dan gaya pakaian tertentu. 

Dari komunitas tersebut, perusahaan ini bisa membuka booth dan menjual pakaian di suatu festival musik.

Mempertahankan community marketing yang memberikan wawasan sukarela tentang brand dan produknya, dapat memungkinkan Anda menghabiskan lebih sedikit biaya dan upaya untuk riset pasar. 

Pelanggan bisa langsung membagikan apa yang mereka inginkan, jadi Anda tidak perlu bekerja keras untuk menemukan kebutuhan mereka. 

Selain itu, dengan mendengarkan pelanggan dan menyesuaikan produk dengan kebutuhannya, Anda dapat memperoleh promosi gratis dari mulut ke mulut melalui pelanggan setia.

Meningkatkan Reputasi Branding

Komunitas yang dikembangkan dengan baik dapat menjadi wajah positif bagi perusahaan, yang berkontribusi pada identitas brand secara keseluruhan. 

Misalnya, komunitas pelanggan yang memiliki reputasi ramah dan suportif dapat mencerminkan reputasi yang sama di perusahaan tempat Anda bekerja. Pentingnya community marketing adalah untuk menjaga branding positif untuk menarik pelanggan baru yang bisa meningkatkan reputasi perusahaan.

Contoh Community Marketing 

Untuk memahami lebih lanjut contoh community marketing, LEMON telah menyiapkan case study yang dapat digunakan untuk mengetahui penerapan community marketing sebagai berikut: 

LEMON ACADEMY: Beautylabo

Melibatkan pelanggan ke dalam suatu event talkshow atau webinar merupakan salah satu contoh community marketing yang cocok untuk merekatkan hubungan bersama konsumen. 

LEMON ACADEMY adalah acara webinar yang bertujuan untuk menciptakan ikatan emosional antara brand dan influencer. Brand akan ditampilkan di berbagai platform C CHANNEL dan mendapatkan eksposur media sosial. 

Hal ini akan membangun keterlibatan antara brand dan influencer untuk mengetahui produk mereka lebih lanjut serta dipromosikan lebih luas.  Melalui keterlibatan yang dibangun brand bersama influencer, LEMON ACADEMY menjadi wadah bagi brand untuk memperoleh jangkauan pelanggan yang luas. 

https://www.youtube.com/watch?v=KS11FplikXk&t=2s

Kami membantu Beautylabo mengedukasi audiens tentang pewarnaan rambut dengan tema “Hair Coloring 101 at Home with Beautylabo”. 

Apalagi bagi sebagian besar peserta yang merupakan influencer yang biasanya membuat konten, sangat penting untuk selalu tampil keren untuk mengekspresikan diri. Webinar ini mendapatkan engagement sekitar 24.000.  

C The Drum Girl

C The Drum Girl (CTDG) merupakan program asuhan C Channel bersama Roland dan Citra Intirama (distributor resmi Roland di Indonesia). 

CTDG adalah ajang pencarian drummer perempuan di Indonesia dan ditujukan terutama bagi perempuan-perempuan yang sebelumnya tidak pernah belajar instrumen musik drum, namun tidak menutup kemungkinan bagi para drummer pemula untuk tetap bergabung.

https://www.youtube.com/watch?v=0TznWgZfpJU

Roland adalah merek alat musik elektronik yang telah berhasil meluncurkan 2 Kontes CTDG yang diadakan pada tahun 2019 dan 2020. 

Sebagai contoh community marketing yang sukses, acara ini banyak membantu membangun brand awareness untuk Roland pada tahun 2019 dan untuk musim kedua pada tahun 2020.

Event CTDG menciptakan suasana yang cukup meriah melalui audisi dan mendapatkan momentum yang sangat besar, dimana banyak sekali peserta yang bergabung dari berbagai penjuru Indonesia. Roland menggunakan 11 Mega Macro influencer dalam campaign ini. 

Kesimpulan 

Community marketing merupakan strategi yang cukup ampuh untuk meningkatkan awareness pada suatu perusahaan. Melibatkan pelanggan dalam keputusan bisnis adalah salah satu pertimbangan yang mendasari kesetiaan pelanggan terhadap produk Anda. 

Memang tidak mudah untuk memperoleh loyalitas pelanggan secara singkat. Namun melihat contoh di atas, keterlibatan audiens pada webinar dan event besar menggunakan influencer adalah strategi yang tepat untuk memelihara community marketing

LEMON adalah platform yang dapat membantu Anda menerapkan community marketing dengan memanfaatkan nano-micro influencer untuk menunjang keberhasilan brand Anda.

Siap menerapkan community marketing untuk bisnis Anda?

Konsultasi dengan client success LEMON sekarang melalui link ini.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign