Cara Menjalankan Campaign Influencer Marketing dengan LEMON

Table of Contents

LEMON adalah platform penghubung antara influencer dan brand. Salah satu yang menjadi target pasar LEMON adalah pemilik usaha menengah ke bawah yang ada di Indonesia. Kebutuhan brand dalam promosi dan menyebarkan informasi terkait produknya melalui media sosial menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan.

Tetapi, kendala awal bagi para brand ialah persepsi pada biaya penggunaan influencer yang terbilang mahal seringkali menjadi penghambat brand untuk menggunakan influencer dalam perencanaan strategi marketing. Tidak hanya itu, sulitnya menjalin komunikasi awal dengan influencer menjadi salah satu faktor kesulitan brand untuk menggunakan influencer marketing.

LEMON kini sudah memiliki 22.000+ ribu lebih influencer yang tergabung dalam platform ini. Influencer yang bergabung di LEMON sendiri terdiri dari nano-micro influencer sampai dengan macro-mega Influencer yang memiliki berbagai interest mulai dari fashion, beauty, food and beverages, travel dan lain-lain.

LEMON dapat menyesuaikan biaya kebutuhan marketing Anda untuk menemukan influencer dengan cepat dan tepat untuk brand Anda. Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan langkah-langkah membuat campaign di LEMON Influencer Platform.

Registrasi

Registrasikan brand Anda terlebih dahulu disini setelah itu Anda dapat langsung membuat campaign Anda di LEMON.

Membuat Campaign

Saatnya membuat campaign impian Anda di LEMON, perlu diperhatikan sebelumnya bahwa LEMON memiliki 2 tipe campaign yaitu Private dan Public. Perbedaannya adalah Private campaign dibuat khusus untuk influencer yang memang sudah dipilih pada campaign tersebut sehingga influencer yang tidak terpilih tidak dapat melihat campaign ini, sedangkan Public campaign ini dapat diikuti oleh siapapun.

Pada pembuatan campaign ini pastikan Anda sudah menyiapkan informasi lengkap yang nantinya akan menjadi brief untuk influencer yang mengikuti campaign Anda. Informasi yang diperlukan adalah sebagai berikut:

1. Campaign Name & Cover Image

Masukkan Campaign Name yang Anda inginkan, Campaign Name ini akan muncul di LEMON Apps untuk influencer yang nantinya akan registrasi ke campaign brand Anda.

Lalu, masukkan Cover Image yang Anda punya di kotak yang sudah kami sediakan.

2. Select Brand

Pada Select Brand ini, Anda hanya perlu mengetik nama brand Anda yang sudah terdaftar di LEMON Influencer Platform.

3. Reward Type

Pada Reward Type, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan Client Success kami dan mengetahui service apa yang Anda pilih untuk campaign yang akan Anda buat di LEMON.

4. Minimum Followers

Masukkan Minimum Followers yang Anda inginkan pada campaign Anda. Fitur ini dapat mem-filter influencer yang memiliki followers dengan jumlah kurang dari yang sudah Anda tentukan, sehingga hanya influencer yang memiliki followers sesuai ketentuan yang dapat mengikuti campaign yang Anda buat.

5. Brief

Pada Brief ini, Anda harus mengisinya dengan selengkap mungkin agar influencer yang registrasi pada campaign Anda dapat mengerti produk yang ingin Anda promosikan, konten yang Anda inginkan, sampai dengan hal yang boleh dan tidak boleh influencer lakukan pada campaign ini.

General Brief ini berisi tentang tujuan dan alasan Anda membuat campaign, isinya adalah memperkenalkan brand Anda, memberitahukan produk apa yang Anda berikan dan juga Product Knowledge, lalu Anda dapat memberitahukan target customer yang di inginkan untuk produk Anda, dan menuliskan short brief yang ingin Anda berikan kepada influencer yang nantinya akan registrasi di campaign Anda.

Tonton Tutorialnya: Video membuat campaign di LEMON.

6. Participan Criteria

Selanjutnya adalah Participan Criteria, yang dimaksudkan participan criteria ini bukanlah influencer yang mendaftar melainkan target customer yang ingin Anda capai pada campaign ini, mulai dari Gender, Age, Location, dan Hobby/ Interest/ Expertise/ Niche dari target customer tersebut dapat Anda masukkan dalam participan criteria ini.

7. Moodboard Images, Reference Link & Affiliate Link.

Yang dimaksudkan oleh Moodboard Images ini adalah contoh konten/foto/video yang Anda inginkan dari para influencer yang nantinya akan mereka posting di media sosial. Anda dapat memberikan contoh seperti foto di bawah ini:

Selanjutnya adalah Reference Link & Affiliate Link, di sini Anda bisa memasukkan Reference Link yang menuju ke tujuan yang Anda inginkan, contohnya seperti website brand Anda atau ke marketplace yang Anda gunakan. Sedangkan Affiliate Link ini adalah optional jika Anda memiliki program Affiliate, dengan mudah Anda hanya tinggal memasukan link yang ingin dituju.

8. Do & Don’ts

Fitur ini dibuat oleh LEMON Influencer Platform agar brand dapat mengatur sendiri Do & Don’ts yang harus influencer perhatikan saat registrasi agar campaign dapat berjalan dengan lancar.

9. Scope Of Work

Pada Scope Of Work ini Anda dapat memilih media sosial yang Anda inginkan untuk mempromosikan brand dan produk Anda, selain itu Anda juga dapat mengatur caption, hastag, mention, dan links pada konten yang nantinya influencer posting di media sosial mereka.

10. Set Deadline & Budget

Setelah mengisi semua brief yang diperlukan sampai dengan scope of work yang Anda inginkan, langkah terakhir adalah set Deadline & Budget yang sudah Anda diskusikan dengan Client Success kami. Ketika semuanya sudah selesai diisi, Anda bisa klik Preview Campaign dan menunggu untuk tim LEMON meninjau campaign Anda.

Tonton Juga: Video tutorial cara membuat campaign di LEMON.

Campaign Anda siap GO-LIVE

Setelah Anda selesai mengikuti langkah pembuatan campaign sebelumnya, kini campaign Anda siap GO-LIVE. Tidak perlu banyak membuang waktu untuk menghubungi influencer satu-satu karena LEMON Management siap membantu campaign Anda dari awal hingga akhir.

Influencer yang sudah melewati proses registrasi di LEMON akan difilter terlebih dahulu dan Anda dapat memilih sendiri influencer yang akan mengikuti campaign Anda. Setelah memilih influencer langkah selanjutnya adalah tracking yaitu brand dapat langsung melihat proses campaign mulai dari tanggal posting, likes, komen, tag, mention, semuanya sudah terlacak dan brand hanya perlu memantau dalam satu dashboard. Tujuannya adalah agar brand bisa melihat alur peningkatan engagement untuk mengukur efektivitas campaign berjalan baik atau tidak.

Campaign Report

Yang terakhir dari semua proses ini adalah report hasil akhir dari campaign. Semua data hasil campaign marketing Anda, akan kami berikan berdasarkan request dan kesepakatan di awal yang sudah disepakati. Tujuan dari report ini adalah mengetahui bagaimana campaign influencer marketing brand Anda berjalan dan mendapatkan suatu insight untuk KPI marketing yang sesuai dengan keinginan Anda.

Praktis dan cepat kan? Jadilah bagian dari brand yang membuat campaign marketing yang viral bersama dengan ratusan ribu influencer LEMON menunggu campaign Anda! Hubungi Client Success kami untuk info lebih lanjut disini.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign