3 Cara Kerjasama Influencer Untuk Mengoptimalkan Campaign

cara kerjasama dengan influencer
Perhatikan beberapa unsur ini agar cara kerjasama dengan influencer dapat mengoptimalkan campaign Anda. Baca selengkapnya

Table of Contents

Kerjasama influencer dalam membuat campaign yang berdampak sesuai standar suatu brand tidaklah mudah dan murah. Biasanya marketers sering merasa tertekan dalam menjalankan campaign. Maka dari itu, kerjasama influencer untuk mengaktivasi dan mendorong adanya social conversation untuk brand sangat penting.

Dalam memilih selebgram untuk  campaign, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, termasuk hubungan antara brand dan influencer tersebut. Beserta jumlah pengikutnya di Instagram maupun media sosial lainnya yang sesuai dengan target konsumen.

Berikut tiga langkah yang dapat Anda terapkan dalam cara kerjasama influencer untuk mengoptimalkan campaign Anda.

Cara Kerjasama dengan Influencer untuk Mengoptimalkan Campaign

Pilih content creator atau selebgram yang mengerti cara menyampaikan brand message yang tepat

Memilih creator yang tepat sebagai cara kerjasama dengan influencer
Sumber: Gramedia.com

Brand sering kali mengatakan apabila ingin campaign berjalan dengan sukses, berinvestasilah ke influencer yang serius  ingin terlibat dengan senang hati. Bukan hanya sekedar ingin menggali popularitas dan mendapatkan penghasilan. 

Temukan influencer yang profesional adalah kunci cara kerjasama influencer dalam optimasi strategi tersebut. Pilih creator yang memiliki keunikan tersendiri dalam membuat narasi dan konsep konten agar lebih menarik audiens.

Selain itu, pilihlah influencer dengan lifestyle yang relevan dengan brand. Salah satu contohnya adalah beauty influencer. Anda dapat melihat campaign apa saja yang sudah pernah dijalankan oleh selebgram ini.

Ketahui audiens dari Influencer

Sumber: Udonis

Anda tidak bisa mengetahui kriteria audiens influencer hanya karena influencer tersebut sesuai dengan demografi brand. Cobalah untuk perhatikan followers, likes, dan comment dari influencer untuk mengetahui kira-kira sesuai atau tidak dengan target. Anda juga bisa menggunakan LEMON Influencer agar pekerjaan ini terasa lebih mudah, karena LEMON yang akan mencari tahu dan memberikan influencer yang cocok dengan Anda.

Menggunakan platform untuk mengukur kesuksesan campaign

Sumber: LEMON Influencer Platform

Audiens cenderung lebih mudah melakukan aksi seperti pembelian jika brand yang disukai sedang melakukan promosi. Hal ini bisa Anda terapkan juga dengan menggunakan influencer yang pengikutnya sudah mempercayai rekomendasi influencer tersebut. 

Engagement rate merupakan sebuah metrics yang digunakan untuk mengukur seberapa berpengaruh influencer dalam campaign Anda.

Apabila influencer kurang memiliki engagement maka,  campaign Anda dapat dikatakan kurang efektif. 

Maka dari itu, Anda dapat menggunakan LEMON sebagai platform dalam melakukan Influencer marketing agar Anda dapat menyesuaikan influencer mana yang sesuai dengan kriteria brand berdasarkan data.

LEMON juga akan memberikan panduan yang lebih lengkap untuk kerjasama dengan influencer.

Jika Anda baru saja ingin memulai campaign menggunakan influencer, LEMON adalah pilihan yang tepat untuk. Melalui LEMON, kami memiliki komunitas influencer sebanyak 25,000++ yang sudah bergabung. Setiap langkah yang akan diambil oleh brand akan selalu dituntun oleh LEMON agar dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan dampak yang optimal. Konsultasikan brand Anda sekarang!

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign