Cara Cek dan Menghitung Engagement Rate Instagram Influencer

instagram influencer
Engagement rate digunakan sebagai alat pengukur keberhasilan konten. Gunakan teknik berikut untuk cek influencer berkualitas dengan engagement yang tinggi!

Table of Contents

Dalam menjalankan influencer marketing, tentunya anda ingin menggunakan influencer berkualitas dengan engagement rate yang tinggi, bukan? 

Jika Anda ingin mengetahui seberapa banyak audiens berinteraksi dengan konten atau postingan Instagram terutama dari seorang influencer, maka Anda perlu mengetahui cara cek engagement rate dari akun Instagram mereka.

Engagement rate di instagram mengacu pada jumlah rata-rata dari berbagai interaksi audience yang berbeda dengan postingan, seperti shares, comments, post saves, dan likes.

Engagement rate
bisa menjadi salah satu indikasi bagi kesuksesan influencer marketing Anda dalam kaitannya dengan audience. Maka dari itu, cek engagement rate dari akun influencer menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

LEMON Influencer Platform merangkum informasi mengenai beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk cek engagement rate dari akun seorang influencer berikut ini:

Menggunakan Formula Engagement Rate

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui engagement dari akun influencer adalah dengan menghitungnya secara manual menggunakan formula engagement rate.

Formula engagement rate dapat dihitung dengan menjumlahkan jumlah total interaksi yang diterima dari 1 postingan, kemudian membaginya dengan jumlah pengikut. Selanjutnya, kalikan hasil bagi dengan 100 untuk mendapatkan persentasenya.

formula engagement rate
Sumber: theonlineadertisingguide.com

Contoh:

ER = (200 likes + 20 comments) / 2,000 followers x 100

ER = 11%

Pada contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa postingan tersebut memiliki formula engagement rate sebesar 11%.

Perlu Anda ketahui juga, semakin tinggi engagement rate influencer, maka akan semakin tinggi kemungkinan brand Anda makin dikenal oleh banyak audiens.

Menggunakan Tools Social Media Management

Sebagai alternatif menghitung engagement setiap postingan secara manual, Anda juga bisa menggunakan berbagai social media marketing tools untuk mengetahui engagement akun Instagram influencer.

Beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui angka engagement rate dari akun Instagram influencer adalah melalui Social Blade & Phlanx. Lewat dua tools tersebut Anda hanya perlu untuk memasukkan username dari akun Instagram influencer.

Setelah memasukkan username, tools yang Anda gunakan akan menampilkan data utama dari akun tersebut seperti comments, rata-rata likes, dan jumlah followers yang didapatkan per postingan, termasuk engagement rate dari akun tersebut.

Menggunakan LEMON Influencer platform

lemon influencer

Di platform ini, Anda tidak perlu menghitung manual atau menggunakan berbagai tools social media management. Anda hanya perlu duduk manis dan melihat hasil engagement rate dari para list influencer. Dari hasil tersebut, Anda dapat memilih influencer dengan presentasi engagement tertinggi untuk kebutuhan promosi brand milik Anda.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk cek atau menghitung engagement rate dari akun instagram influencer. Engagement rate Instagram adalah metrik yang sangat penting untuk mengukur efektivitas dari postingan organik maupun berbayar di Instagram. Informasi atau data terkait engagement ini dapat digunakan untuk mengatur ulang atau memperbaiki strategi influencer marketing Anda kedepannya.

LEMON Influencer Platform siap menjadi partner terbaik Anda untuk evaluasi influencer marketing ini. Melalui LEMON, Anda bisa menemukan lebih dari 55.000 nano influencer untuk mulai populerkan brand Anda dengan 100 influencer dalam satu campaign.

Konsultasi dengan client success kami sekarang melalui link ini. GRATIS.

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign