Cara collab di Instagram menjadi salah satu topik yang sedang ramai diperbincangkan. Instagram lagi-lagi meluncurkan fitur baru yang dianggap dapat menguntungkan brand dan creator dalam meningkatkan brand awareness.
Kolaborasi pun saat ini menjadi sebuah langkah yang dinilai cukup membawa keuntungan untuk masing-masing pihak. Karena itu, fitur kolaborasi Instagram adalah hal yang wajib dicoba.
Hari ini LEMON akan membahas tentang fitur kolaborasi di Instagram untuk Anda menjalankan influencer marketing.
Pertama, kenali dulu apa itu fitur kolaborasi Instagram.
Apa itu Fitur Kolaborasi Instagram?
Menurut website resminya, fitur kolaborasi Instagram adalah sebuah tools yang memang di desain untuk memperkuat pengaruh yang dihasilkan dari kolaborasi antara brand dan influencer.
Melalui fitur ini, Instagram memiliki tujuan untuk mempermudah jangkauan organik, menjangkau followers baru, hingga mendorong konversi dengan cara yang komersial.
Keuntungan menggunakan fitur kolaborasi di Instagram adalah Anda dapat mengelola konten yang collab dari dua belah pihak.
Misalnya, Anda bekerjasama dengan influencer dari LEMON untuk menggunakan fitur kolaborasi ini. Konten yang digunakan sebagai media komersial tersebut bisa Anda kelola juga, walaupun konten tersebut di upload di akun influencer.
Anda bisa membalas komentar di konten tersebut. Melalui collaboratin post ini juga Anda bisa saling membagikan metrics dan audience dengan influencer yang Anda ajak collab!
Cara Collab di Instagram dengan Influencer
Dengan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dari fitur kolaborasi ini, berikut beberapa cara collab di Instagram dengan influencer!
Kirim direct message ke Influencer yang ingin diajak kolaborasi
Tanyakan ke kreator melalui DM apakah mereka mau diajak berkolaborasi.
Jika Anda masih bingung mana influencer yang tepat untuk Anda, Anda bisa konsultasikan dengan LEMON secara gratis. LEMON akan memberikan solusi yang paling cocok untuk Anda.
Buat Konten Seperti Biasa
Upload konten Anda seperti biasa. Apapun bentuk kontennya mau itu Reels, Carousels, Video, dan Photo, mereka semua memiliki fitur kolaborasi.
Jangan lupa untuk masukan Tag People di akhir step sebelum Anda publish konten tersebut.
Tunggu Influencer Menerima Ajakan Collab Post Anda
Setelah konten di publish, kreator akan menerima undangan collab post. Anda bisa mengingatkan kembali influencer yang sudah setuju untuk melakukan kolaborasi ini untuk segera menerima undangan tersebut.
Kalau Anda terlalu sibuk, dengan LEMON Influencer tim kami yang akan membantu Anda mengerjakan semua step dari awal hingga akhir.
Analisa Sosial Media Metrics
Konten yang berhasil di publish dengan fitur kolaborasi di Instagram akan memberikan Anda akses ke insight konten tersebut secara live. Insight ini dihasilkan dari kombinasi audiens Anda dan influencer.
Proses ini mungkin terdengar sedikit memakan waktu ketika Anda ingin berkolaborasi dengan lebih dari 10 influencer. Oleh karena itu menggunakan platform influencer atau outsourcing ini ke LEMON Influencer Platform membantu Anda mengelola semua langkah kolaborasi Instagram yang telah kami bahas di atas dengan segala kelebihan dan kemudahan.
Jika Anda ingin memanfaatkan bisnis Anda melalui platform Influencer Marketing, diskusikan kebutuhan Anda dengan kami!
Featured Image by Gabrielle Henderson from Unsplash