Sudah memasuki awal tahun 2021 ini namun masih bingung trend marketing apa saja yang akan naik di tahun ini? Faktanya Influencer Marketing masih menjadi strategi Marketing yang banyak digunakan dan masih menguntungkan untuk brand. Kali ini LEMON Influencer Platform akan memberikan beberapa ide-ide campaign yang bisa menjadi referensi strategi marketing Anda di tahun 2021 ini, simak detailnya di bawah:
1. Creative Challenge
Pertengahan tahun 2020 kemarin sedang ramai-ramainya challenge “Pass the Brush Challenge” tidak hanya diikuti para audience wanita, bahkan pria pun juga ikutan dalam challenge yang sempat viral ini.
Satu lagi challenge yang viral yaitu dari brand L’Oreal dengan hastag #LashParadiseSquad ini menarik banyak perhatian yang mencapai Impression sampai dengan 277.7K. Campaign ini dibuat untuk kembali mem-viralkan salah satu produknya ini dengan bekerjasama dengan beberapa Macro-Micro Influencer.
Creative challenge seperti 2 contoh di atas terbukti mendapatkan jauh lebih banyak awareness, bayangkan brand Anda membuat sebuah campaign dengan challenge dan diikuti ratusan pengguna media sosial. Tentu saja yang Anda dapatkan adalah awareness yang sangat besar dan produk Anda menjadi viral seketika sehingga jadi banyak dibicarakan oleh orang-orang.
Keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh brand adalah bisa mempunyai konten yang lebih banyak dari yang kita targetkan, akibat dari efek Snow globe yang berlangsung. Maksudnya dari efek Snow globe, konten yang dibuat influencer diikuti oleh para followers-nya dan diikuti lagi oleh orang lain yang mengikuti followers si influencer tersebut, dan terjadi seterusnya.
2. Storytelling & Product Placement
Dua ide konten pada campaign ini dikemas secara unik juga dengan cara membuat pesan pemasaran yang ingin disampaikan menjadi sebuah cerita yang familiar bagi sasaran audiensnya. Contohnya postingan foto atau video yang menggambarkan aktivitas sehari-hari Influencer dengan menunjukan brand atau produk tertentu. Bisa juga dengan membuat konten dari topik-topik dari bidang yang sudah menjadi keahlian dari si Influencer kepada followers mereka.
3. Tutorial & Review
Tujuan dari campaign ini adalah memberikan kesempatan kepada brand untuk bisa lebih mudah ditemukan calon konsumen yang ingin lebih mengetahui bagaimana cara menggunakan produk brand Anda dan sekaligus si Influencer memberikan ulasan produk dan manfaatnya lewat akun media sosial Influencer. Cara ini juga cukup efektif untuk mengkonversi calon konsumen karena pesan yang disampaikan bermanfaat untuk audiens.
4. Promotion
Pada dasarnya banyak orang yang menyukai penawaran promo karena bisa mendapatkan atau membeli suatu produk yang diinginkan dengan harga yang relatif lebih murah. Ide campaign ini sangat cocok untuk menarik audiens untuk segera membeli produk yang sedang dipromosikan. Keunggulan lainnya adalah ROI lebih mudah diukur lewat kode unik atau private link yang disertakan dalam kontennya.
Dari beberapa ide campaign di atas, sangat penting untuk mengidentifikasi dulu apa yang menjadi tujuan dalam membuat campaign menggunakan Influencer, sehingga dapat lebih mudah menentukan tipe konten campaign yang efektif untuk menjangkau audiens Anda. Ingin membuat campaign-campaign di atas anti ribet? Hubungi Client Success kami di sini.