Beradaptasi dengan Influencer Marketing di Kala Pandemi

Influencer Marketing

Table of Contents

Nano dan micro influencer untuk kebutuhan influencer marketing Anda adalah salah satunya.

Tidak ada yang menyangka pandemi Covid-19 terjadi lebih dari 6 bulan. Dampaknya, banyak sekali bisnis harus melakukan budgeting Kembali untuk semua kegiatan mereka, termasuk kegiatan pemasaran mereka. Brand diharapkan menjadi semakin kreatif untuk menekan budget marketing mereka namun tetap bisa membuat awareness yang baik di masyarakat.

Salah satu strategi yang seringkali digunakan oleh brand untuk kegiatan untuk marketing adalah dengan menggunakan Influencer Marketing. Tentunya Anda pasti ingin menggunakan influencer yang membuat brand Anda bisa dikenal oleh audiens yang nantinya akan ber  impact ke penjualan Anda. Berikut adalah cara-cara untuk bisa memaksimalkan strategi influencer marketing Anda.

Beradapatasi dengan Cepat

It is not the strongest of the species that survives, nor the most intelligent; it is the one most adaptable to change.

— Charles Darwin

Pandemi mengubah banyak hal, terutama dari sisi digital. Semua Brand berkompetisi melakukan adaptasi dan inovasi dengan cepat. Tren pun berganti dengan cepat. Salah satu kuncinya adalah dengan selalu up to date dengan perkembangan tren saat ini. Jika Anda memiliki product launching dalam waktu dekat ini, bukan berarti Anda harus membuang jauh-jauh ide tersebut. Anda masih bisa beradaptasi dengan melakukan event online atau Webinar dengan influencer maupun audiens Anda.

Maksimalkan Nano dan Micro Influencers

Efisiensi Budget marketing banyak terjadi di kala pandemi. Namun, bukan berarti kegiatan marketing Anda terhenti. Ada banyak jalan untuk membuat brand Anda tetap visible di tengah pandemic. Caranya adalah dengan memanfaatkan Nano dan Micro Influencer yang memiliki followers 1K-50 K followers.

BACA JUGA: Cara Memilih Social Media Influencer yang Tepat untuk Influencer Marketing

Biasanya Mega dan Macro influencer membutuhkan budget yang besar untuk dialokasikan. Di sisi lain, micro influencer dan nano influencer memiliki rate card yang lebih fleksibel. Tidak hanya itu, review dari Nano dan Micro influencer cenderung lebih dicari oleh followers-nya karena cenderung lebih jujur. Untuk itu penting untuk membuat brief kepada influencer dengan jelas agar value brand Anda bisa masuk ke dalam review mereka.

Manfaatkan Lebih dari Satu Sosial Media

70% warga Indonesia memanfaatkan waktu berselancarnya di sosial media. Ini menjadi salah satu celah untuk memasukkan Brand Anda ke lebih dari satu channel saja atau biasa disebut 360° promotion. Anda bisa memanfaatkan channel seperti TikTok juga ke dalam media promosi Anda. Anda bisa memanfaatkan dancer yang ada di TikTok untuk Brand Anda juga.

BACA JUGA: Inilah 5 Influencer TikTok yang Punya Followers Tinggi

Manfaatkan User Generate Content

https://www.instagram.com/p/CD8XxX8pv19/

Menjalankan kegiatan marketing memang seringkali membutuhkan budget yang banyak. Untuk itu kita harus bijak untuk menggunakannya. Terlebih dalam kegiatan pandemi ini. Manfaatkan influencer marketing Anda untuk mengajak followers-nya juga bisa post tentang produk Anda. Hal ini akan menambah citra brand Anda meskipun Anda sudah lagi tidak bekerja sama dengan influencer marketing Anda.

Itulah cara-cara untuk memaksimalkan Influencer Marketing Anda. Jika Anda tertarik untuk menggunakan influencer marketing, Anda bisa menghubungi kami di sini.

Photo by Tonik on Unsplash

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign