Bagaimana Nano dan Micro Influencer Memiliki Engagement Yang Lebih Baik Dibandingkan Para “Superstar” Sosial Media

Table of Contents

Salah satu tren saat ini untuk strategi pemasaran yang dinilai efektif dan efisien adalah Influencer Marketing. Dan hampir seluruh brand atar pelaku saha menerapkan strategi bisnis ini untuk memasarkan produkt atau jasa yang mereka jual. 

Namun, ada perbedaan besar dan significan antara influencer. Tidak hanya menyangkut jenis audiens yang mereka miliki maupun brand yang bekerja sama dengan mereka, melainkan variasi luas yang bergantung pada tingkat popularitas dan memiliki audiens serta konten yang dapat menjangkau banyak orang dengan cepat atau memiliki engagement yang tinggi.

Karena itu, sangat penting untuk Anda mengetahui perbedaan antara masing-masing kategori influencer sebelum bekerja sama untuk campaign atau pemasaran bisnis Anda.

Pada artikel ini, kami akan membahas seputar efektifitas bagaimana Micro dan Nano influencer memiliki engagement yang lebih baik dibandingkan Mega influencer. Simak artikel ini sampai habis!

Baca juga disini apa perbedaan Nano dan Micro Infuencer: https://lemon.cm/articles/perbedaan-nano-micro-influencer-untuk-bisnis/

Apa sih yang dimaksud dengan “Superstar” Sosial Media?

Superstar Sosial Media adalah mereka yang telah berhasil membangun komunitas yang terlibat dengannya dan mengubahnya menjadi bisnis dan bekerja dengan para brand-brand besar untuk mempromosikan brand atau produk mereka. Pengikut yang mereka miliki di akun sosial media mereka mulai dari 1jt pengikut hingga lebih.

Kunci kesuksesan mereka sangat jelas, yaitu pengaruh mereka. Ketika mereka berbagi atau berbicara tentang sesuatu, mereka telah membangun reputasi yang cukup sehingga para audiens mendengarkan, terlibat, dan percaya dengan apa yang mereka katakan.

Seperti halnya selebriti, para superstar ini mempromosikan sebuah produk yang kebanyakan besar audiens atau pengikutnya pasti akan tertarik untuk menggunakan atau membeli produk yang sama. Tetapi, hal ini biasanya membuat minat para consumers untuk membeli produk yang dijual atau menggunakan produk dari brand tersebut karena ingin terlihat sama dengan idola favorit mereka, sehingga berisiko tinggi karena image brand tersebut akan sangat mengikat dengan image sang superstar.

Selain itu, harga yang ditawarkan para superstar sosial media ini cenderung jauh lebih mahal apabila dibandingkan dengan harga yang ditawarkan Nano dan Micro Influencer.

Nano dan Micro Influencers Memiliki Engagement Rate Lebih Tinggi

source: https://www.instagram.com/p/CHFuIDbge82/

Apa itu Engagement Rate?  Engagement Rate adalah tolok ukur media sosial populer yang telah berkembang menjadi standar industri. Tingkat keterlibatan yang akan membantu mengukur keefektifan promosi atau pemasaran sebuah brand untuk mengetahui seberapa banyak audiens yang terlibat dengan konten tersebut. Dan angka tingkat interaksi instagram menunjukkan seberapa baik kualitas posting sang influencer di akun instagram mereka.

Nano influencer memiliki pengikut dari 1.000 sampai dengan 10.000, Micro Influencer dari 10.000 sampai dengan 50.000, memberikan hasil yang sangat baik untuk merek yang ingin mengembangkan basis pelanggan mereka.

Nano dan Micro Influencer, memberikan dukungan pelanggan yang nyata karena mereka memiliki konten dan personality yang otentik atau “asli”. Para influencer ini mengembangkan hubungan pribadi yang kuat dengan pengikut mereka, sehingga menghasilkan pengikut yang menunjukkan minat yang tulus pada konten mereka dan rekomendasi mereka memiliki nilai bagi pengikut mereka.

Sebuah survei yang dilakukan oleh HelloSociety menunjukkan kampanye Micro Influencer mendorong tingkat keterlibatan 60% lebih tinggi daripada kampanye pemasaran standar. Itu juga menunjukkan bahwa kampanye mereka 6 kali lebih efektif per keterlibatan daripada kampanye Macro atau Superstar Influencer.

Meskipun Nano dan Micro Influencer tidak memiliki pengikut sebanyak Superstar Social Media, namun mereka menjangkau lebih jauh ke dalam market mereka dan membantu bisnis para brand atau pelaku usaha menjangkau prospek dengan lebih efisien.

Kesimpulan

Para consumer saat ini membeli produk berdasarkan saran atau rekomendasi dari orang yang mereka percayai dan hormati. Memiliki influencer yang tepat untuk mempromosikan brand Anda dapat membantu Anda memasarkan produk secara efektif dengan biaya yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan Superstar Sosial Media. Dengan mengehemat biaya, akan memudahkan Anda mencapai ROI target Anda sekaligus membangun koneksi karena mereka Mereka memiliki pengaruh yang besar karena mereka memiliki interaksi yang kuat dengan pengikut mereka. 

Sekarang giliran Anda! Apakah Anda memiliki kesulitan dalam menemukan Influencer yang tepat untuk brand Anda? Biarkan LEMON membantu brand Anda untuk membuat influencer campaign yang sukses hari ini!

banner-cta-make-smarter-investment-on-influencer-marketing-start-from-Rp10juta-pick-up-100-influencers-monitor-your-campaign-and-generate-more-word-of-mouth-discovery-more

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign