Rejection isn’t failure. Failure is giving up. Everybody gets rejected. It’s how you handle it that determines where you’ll end up
Richard Castle
Hai lemonians! 🍋💛
Sudah berapa lama kamu bergabung dengan Lemon Squad?
Berapakah jumlah campaign yang sudah kamu dapatkan di Lemon?
Atau apakah kamu belum pernah mendapatkan campaign di Lemon?
Lemonians, tahukah kalian bahwa setiap kali campaign di Lemon buka pendaftaran, ada sekitar 800 – 1000 influencer yg mendaftar loh..padahal dalam satu campaign standar nya hanya akan terpilih 30 – 60 influencer. So buat kamu yang sudah terpilih kerjasama di Lemon kamu hebat bisa mengalahkan ratusan pendaftar lainnya WAAAAAH! Jangan sia-siakan kesempatan tersebut yaa
Lalu kira-kira apa saja yang menjadi kriteria agar bisa terpilih di campaign nya Lemon?
Pada dasarnya setiap kali campaign di Lemon membuka pendaftaran, sudah tercantum dengan jelas pada brief seperti kriteria yang dibutuhkan pada campaign tersebut seperti halnya, minimum followers , kategori pada konten kamu seperti beauty, lifestyle, food, family oriented, dll, selain itu dari segi umur dan juga jenis kelamin. Perhatikan betul-betul setiap kali kamu mau mendaftar ya..bisa jadi salah satu faktor yang membuat kamu tidak terpilih pada campaign tersebut adalah karena kamu terlalu ‘asal’ saat mendaftar tidak memperhatikan kriteria yang dibutuhkan. Sehingga pastikan dengan seksama kriteria yang dibutuhkan pada campaign tersebut sebelum mendaftar.
Selain itu juga ada faktor lain yang mungkin menjadi alasan kamu tidak mendapatkan campaign di Lemon, yaitu konten kamu yang tidak konsisten. Gusti Ayu Putri merupakan salah satu Lemon Squad yang memiliki tampilan feeds dengan konten yang sangat konsisten. Melambang kan dirinya sebagai beauty conten creator membuat dirinya pun konsisten saat mengambil kerjasama. Dirinya tidak pernah ketinggalan untuk berpartisipasi setiap kali ada campaign dengan produk kecantikan. Tampilan feeds yang konsisten pun membuat dirinya banyak menarik perhatian para brand untuk diajak bekerjasama
Tahukah kalian, proses pemilihan influencer di Lemon itu bertahap. Pertama, influencer disaring sesuai dengan kriteria yang sudah tertulis pada brief . Kedua, list filterisasi influencer akan tim Lemon kirimkan ke pihak brand. Ketika list tersebut ada pada pihak brand biasanya akan di cek satu persatu tampilan profile kalian. Maka akan dipilih mana yang menarik dan sesuai dengan image brand tersebut dan mana yang kurang cocok. Jadi disinilah saatnya kamu “menjual” konten kamu dengan cara memperindah atau sekedar merapikan konten feeds kamu karena itu menjadi salah satu daya jual kamu ke pihak brand loh. Pastikan tampilan feeds kamu tidak melulu soal foto endorse. Sisipkan beberapa konten foto pribadi kamu sehingga tampilan feeds kamu lebih bervariasi. Lengkap nya kamu bisa baca di lemonblog minggu lalu
Selanjutnya, engagement akun instagram kamu juga terkadang menjadi salah satu daya jual kamu sebagai influencer loh. Karena tidak sedikit brand yang cukup peduli terhadap hal tersebut. Bagaimana cara untuk menjaga engagement kamu agar tetap stabil? Pastikan kamu aktif berkomunikasi di kolom komentar dan direct message. Kamu harus selalu ingat followers kamu punya peran penting dalam hal ini, jadi selalu jaga hubungan baik dengan mereka ya. Dan satu hal lagi hindari hal-hal seperti support team yang kira nya berlebihan karena bisa berakibat fatal. Akun kamu akan kena suspend dari pihak instagram karena mendapat like dan comment secara tidak wajar dalam satu waktu. Untuk hal ini akan kami bahas di kesempatan lain ya…
Jadi untuk lemonblog kali ini cukup sampai disini, semoga bermanfaat dan tetap semangat buat kamu yang masih belum dapet kerjasama di Lemon. Jika kamu membaca dan menghindari hal-hal diatas mungkin kamu akan mendapatkan campaign di Lemon..so jangan patah semangat!