Angka Insight Kacau, Apakah Itu Pengaruh dari Shadow Banned?

Table of Contents

Your value doesn’t decrease based on someone’s inability to see your worth

Hai lemonians!Apakah ada yang merasa terkadang angka insight kamu tidak seperti biasanya? Contoh hal sederhana adalah jumlah views Instagram story kamu yang sangat kecil bila dibandingkan dengan beberapa hari yang lalu. Tenang lemonians karena kamu tidak sendiri, sekarang ini pengguna Instagram yang lain juga merasakan hal yang sama dimana ada hal yang aneh terjadi pada perolehan angka insight mereka yang dinilai tidak wajar. Terdengar kabar bahwa hal tersebut terjadi lantaran adanya shadow banned. Kira-kira apa itu shadowbanned?

Apa itu Shadow banned?

Shadow banned adalah salah satu aktivitas pemblokiran terhadap beberapa konten yang dinilai oleh pihak Instagram tidak layak, hal ini berdampak pada konten yang kamu posting sulit untuk dijangkau oleh pengguna lain. Oleh karena itu, cukup mempengaruhi penurunan pada perolehan angka likes, views, reach dan impression pada konten yang sudah kamu posting. Ada pun yang mengalami penurunan pada angka followers karena dampak dari shadowbanned tersebut. Tentunya hal ini sangat merugikan bagi para influencer yang cukup bergantung pada perolehan angka insight dari setiap konten yang mereka posting. Tapi apakah betul hal tersebut salah satu dampak dari pengaruh shadowbanned tersebut? Dan apakah shadow banned ini betul-betul ada?

Isu terkait shadow banned ini sebenarnya sudah lama berhembus kabarnya bahkan dari 4 tahun lalu. Pihak Instagram melalui platform Facebook pun pernah meluruskan hal tersebut, Instagram menyatakan bahwa perubahan yang terjadi pada angka insight tersebut bukan karena shadow banned seperti yang ramai dibicarakan, melainkan adanya perubahan dasar perhitungan algoritma pada sistem Instagram. Terkait dengan konten postingan yang tidak muncul hal tersebut bisa terjadi jika konten tersebut dilaporkan dan dianggap tidak pantas untuk ditampilkan seperti menyinggung komunitas tertentu. Pada kesempatan tersebut perwakilan dari Instagram menyatakan diharapkan para pembuat konten agar lebih fokus pada kualitas konten dan pesan yang ingin disampaikan sehingga lebih tersampaikan pada target audiensnya.

Tips Agar Terhindar Dari Shadow banned

  1. Jangan menggunakan hashtag yang terlalu banyak dan terlarang
  2. Atur penjadwalan waktu postingan kamu, beri jeda 2-3 hari sebelum memposting konten terbaru
  3. Jangan membeli followers dan likes 
  4. dan juga hindari spamming likes dan comments 

Meskipun hingga saat ini shadow banned masih belum terbukti benar adanya, kamu bisa memulai aktivitas pada Instagram kamu lebih baik lagi untuk memperbaiki insight kamu. Sejauh ini pihak Instagram mengklaim bahwa terjadinya perubahan tersebut lantaran adanya perhitungan algoritma terbaru pada Instagram. Menurut algoritma Instagram terbaru juga sekarang ini angka reach atau jangkauan termasuk kedalam angka yang cukup penting untuk mengukur apakah postingan tersebut diterima baik oleh audiens atau tidak. Jika angka jangkauan kamu tinggi tandanya konten yang kamu posting sudah sangat baik diterima masyarakat. Reach pada insight Instagram sendiri memiliki pengertian, seberapa banyak jumlah akun unik yang telah melihat konten kamu atau dengan kata lain akun-akun yang tidak follow kamu. Coba cek sekarang gimana angka jangkauan kamu sudah baik atau masih perlu diperbaiki? 

BACA JUGA : Kenali Algoritma Terbaru Instagram Yang Perlu Kamu Ketahui

Tertarik menjadi bagian dari Lemon Influencer? banyak produk menarik menanti untuk kamu review loh..Daftarkan diri kamu sekarang! Langsung aja klik disini

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign