5 Jenis Marketing Campaign di Instagram

Marketing campaign adalah suatu tindakan dalam memasarkan suatu produk/jasa secara untuk mencapai tujuan tertentu baik secara offline maupun online.

Table of Contents

Marketing campaign adalah suatu tindakan dalam memasarkan suatu produk/jasa secara terorganisir, terencana, dan disengaja untuk mencapai tujuan tertentu. Tidak hanya offline, marketing campaign juga dapat dilakukan secara online melalui berbagai media.

Media sosial salah satunya. Instagram sering menjadi pilihan para dalam melakukan marketing campaign secara online, dan dipercaya dapat berjalan efektif apabila dilakukan secara konsisten. 

marketing campaign
Source: blog.activenetwork.com

Mengapa Instagram adalah platform yang tepat untuk marketing campaign

Seiring berjalannya waktu, Instagram bukan hanya media sosial untuk berbagi foto. Namun, kini sudah hadir berbagi fitur yang memungkinkan para pebisnis memanfaatkan Instagram sebagai media promosi online.

Instagram adalah platform di mana pengguna Instagram dapat menemukan dan mengikuti brand. Setidaknya, terdapat 80% pengguna Instagram mengikuti minimal satu brand

marketing campaign
Source: later.com

Jika Anda ingin memanfaatkan Instagram sebagai media promosi, simak jenis-jenis marketing campaign di bawah ini.

5 Jenis Marketing Campaign di Instagram

  1. Marketing Campaign untuk Peluncuran Produk

Anda dapat melakukan marketing campaign di Instagram untuk membangun hype dan awareness saat mendekati peluncuran produk atau layanan bisnis Anda. 

marketing campaign launching
Source: entrepreneur.com

Dengan menggunakan Influencer atau KOL (key opinion leader) di Instagram, mereka dapat membangun crowd dengan cara melakukan unboxing dan membagikan keunggulan produk atau layanan bisnis Anda. 

  1. Marketing Campaign UGC (User Generated Content)
marketing campaign
Source: instagram.com/velsiana

Metode UGC Marketing campaign adalah segala jenis konten digital yang dibuat oleh pengguna produk atau layanan bisnis Anda. Anda dapat menggunakan hashtag khusus pada campaign agar performa dari hashtag mudah diukur. 

Biasanya, UGC saat marketing campaign adalah untuk menarik pelanggan untuk mengambil tindakan dalam periode waktu tertentu. Dengan adanya marketing campaign ini, Anda akan memiliki lebih banyak konten yang dapat dipergunakan di channel bisnis Anda. 

  1. Marketing Campaign untuk Penjualan atau Promosi
marketing campaign
Source: clevertap.com

Penjualan dengan promosi khusus saat marketing campaign adalah taktik brand yang sering dilakukan di Instagram. Marketing campaign ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada followers dan pengguna dengan mendorong mereka untuk mengunjungi akun Anda dan membeli produk atau layanan bisnis Anda dengan memberikan kode diskon. 

  1. Marketing Campaign untuk Brand Awareness
marketing campaign awareness
Source: creatopy.com

Perusahaan kecil maupun besar perlu melakukan marketing campaign untuk meningkatkan brand awareness dari waktu ke waktu. Marketing campaign ini sangat tepat untuk brand baru atau brand yang ingin terhubung dengan audiens baru.

Strategi ini sering dilakukan untuk menjaga popularitas brand di mata konsumen. Tujuan dari marketing campaign ini adalah untuk meningkatkan visibilitas perusahaan, produk, atau layanan bisnis Anda dengan menunjukkan apa yang membuat produk atau layanan bisnis Anda berbeda dengan yang lain.

  1. Marketing Campaign Giveaway
marketing campaign giveaway titan tyra
Source: instagram.com/titantyra

Marketing campaign dengan mengadakan giveaway di Instagram sangat efektif dalam mendorong terjadinya peningkatan engagement

Anda bisa membuat syarat dan ketentuan untuk mendukung tujuan marketing campaign bisnis Anda, seperti meminta audiens untuk follow, comment, tag, dan mention temannya. Hal ini menjadi kesempatan Anda untuk menjangkau followers baru. 

Anda juga bisa melakukan giveaway untuk mendapatkan leads berkualitas dengan meminta followers untuk mengisi formulir yang dapat digunakan untuk mengembangkan database email konsumen potensial.

Langkah – langkah membuat Marketing Campaign di Instagram

  1. Menetapkan Tujuan Marketing Campaign

Pilihlah tujuan yang sesuai dengan marketing campaign bisnis Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan brand awareness? Meningkatkan penjualan produk? Meningkatkan engagement, reach, atau traffic?

Adanya tujuan yang jelas sangat penting dalam membuat marketing campaign. Namun, tujuan saja tentu tidak cukup.

marketing campaign
Source: freepik.com

Anda dapat membuat tujuan marketing campaign menggunakan SMART (specific, measurable, achievable, relevant, time). Dengan kata lain, tujuan Anda harus spesifik (S), dapat diukur (M), dapat dicapai (A), relevan (R), dan mempunyai jangka waktu (T).

Perlu Anda ketahui bahwa akan lebih baik lagi apabila tujuan marketing campaign bisnis Anda berkesinambungan dengan tujuan marketing keseluruhan dari bisnis Anda. 

  1. Menentukan Audiens Marketing Campaign
marketing campaign audience
Source: bloggingwizard.com

Pesan yang ingin anda disampaikan dari marketing campaign bisa berbeda hanya karena audiens yang tidak tepat sasaran.

Penentuan audiens marketing campaign berkaitan erat dengan strategi konten untuk marketing campaign bisnis Anda. Maka dari itu, Anda harus memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai apa yang audiens Anda cari, bagaimana mereka berinteraksi, siapa yang mereka percayai, dll. 

Lakukanlah riset mendalam audiens marketing campaign bisnis Anda. Semakin memahami audiens Anda, semakin besar pula kemungkinan marketing campaign akan sukses.

Anda juga dapat menggunakan LEMON Influencer untuk mendapatkan insight audiens Anda.

  1. Membuat Perencanaan Rinci Marketing Campaign
marketing campaign roadmap
Source: shutterstock.com

Buatlah roadmap marketing campaign bisnis Anda, seperti berapa lama marketing campaign Anda akan berjalan? Berapa banyak posting yang akan Anda buat? Apakah Anda akan memposting konten milik bisnis Anda atau konten UGC? Hashtag apa yang ingin digunakan?

Bila mempergunakan konten sendiri, apakah Anda akan melakukannya sendiri atau membutuhkan agency? Dengan menggunakan agency seperti LEMON Influencer, tentukan Anda akan menghemat waktu dan marketing campaign akan berjalan lebih efektif.

  1. Menggunakan Agency khusus Marketing Campaign

Jika Anda ingin membuat marketing campaign di Instagram yang menarik dan terukur, Anda dapat menggunakan LEMON untuk mengelola marketing campaign.

LEMON Influencer dapat membantu Anda untuk menentukan audiens dan Influencer yang sesuai, dan mencapai tujuan marketing campaign Anda seperti awareness, traffic, engagement, reach, conversion, dll.

Ingin menjalankan Marketing Campaign di Instagram? Yuk konsultasikan bisnis Anda GRATIS.

banner cta make smarter investment on influencer marketing start from Rp10juta pick up 100 influencers monitor your campaign and generate more word of mouth for your creative cmpaign ideas

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign