5 Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan Pada Lemon Influencer Platform

Table of Contents

You will learn most things by looking, but reading gives understanding. Reading will make you free

Paul Rond

[NEW CAMPAIGN !!]

Pada umumnya setelah melihat pengumuman bahwa Lemon sedang buka campaign baru apa aja sih yang kalian perhatikan saat membaca brief nya?

“Wah brand favorit aku nih!” 

Brand ternama nih tapi ga cocok sama konten aku, hmm ga apa lah kapan lagi dapet projek sama brand ini”

“Dapet apa aja ya kalau aku join campaign ini?”

“Hmm coba-coba aja dulu deh siapa tau aja dapet, brief kaya apa liat nanti aja”

Apakah kalian merupakan salah satu tipikal orang-orang di atas saat mendapat notifikasi campaign baru di Lemon? 

Mungkin itulah salah satu alasan kalian gagal mendapatkan campaign di Lemon. Kira-kira kenapa? Ada yang tahu?

Seluruh campaign yang ada di Lemon selalu dilengkapi dengan info yang cukup detail. Fungsinya adalah untuk menyampaikan info kepada para KOL Lemon bahwa kriteria yang seperti apa yang dibutuhkan pada campaign tersebut. Jangan sampai kamu asal join hanya karena brand dan produk apa yang kamu dapat, tanpa memperhatikan apakah  konten kamu cocok dengan kriteria yang dibutuhkan.  

Kira-kira apa aja sih yang perlu kita perhatikan dari brief Lemon?

Yuk kita kupas tuntas 5 hal berikut sebelum kamu join campaign di Lemon! 

Minimum jumlah followers

Setiap brand memiliki kriteria nya masing-masing dalam menjalankan sebuah campaign. Salah satu syaratnya adalah batas minimum followers. Standar nya adalah 1,000 followers , namun terkadang karena salah satu task di dalam campaign tersebut ada swipe up story maka bisa jadi minimum followers yang dibutuhkan adalah 10,000 followers. Oh iya tidak hanya instagram, beberapa waktu lalu Lemon pernah bekerjasama dengan beberapa brand yang membutuhkan youtuber dengan minimum subscriber adalah 1,000. Sehingga perhatikan detail kecil ini yaa! Jangan sampai kamu sudah tidak lolos di tahap pertama

Objective campaign dan kriteria KOL

Selanjutnya adalah tujuan dari campaign tersebut. Berikut kami berikan contoh adalah campaign dengan menggunakan produk mascara sebagai salah satu gerakan untuk mengingat kembali betapa hype nya mascara tersebut digunakan oleh orang banyak. Kira-kira kenapa hal ini perlu diperhatikan juga? Sebelum kalian memutuskan untuk bergabung dalam campaign pastikan apakah objective campaign tersebut sesuai dengan kalian. Contoh kalian baru aja menggunakan lash extensions lalu melihat ada campaign ini di Lemon. Tanpa memperhatikan detail-detail yang ada, kalian asal join campaign tersebut padahal lash extensions dan mascara bukanlah ide yang bagus jika dikombinasikan. Karena jika itu terjadi maka fungsi mascara untuk memanjangkan dan memberikan volume pada bulu mata akan terlihat palsu jika digunakan oleh KOL yang menggunakan lash extensions.Selain objective campaign ada juga kriteria KOL. Sudah jelas info yang tercantum pada poin ini, yang terdiri dari jenis kelamin, usia, domisili dan interest. Pastikan sebelum kalian join apakah kamu sudah sesuai dengan kriteria yang dicari. Banyak dari KOL tidak memperhatikan domisili, padahal itu biasanya menjadi concern utama dari brand saat memilih kamu. Tidak sedikit dari brand meminta dicarikan KOL dari kota-kota tertentu saja, mungkin saja produk yang akan mereka jual baru bisa dikirimkan ke kota-kota tersebut.

Jenis Kerjasama

Kemudian yang perlu kalian perhatikan saat mau daftar campaign di Lemon adalah jenis kerjasama yang ditawarkan. Pada Lemon terdapat 2 jenis kerjasama, diantaranya produk barter dan fix payment . Pastikan sejak awal kamu mendaftar kamu telah setuju untuk bergabung pada jenis kerjasama tersebut. Jangan sampai ketika kamu terpilih lalu kamu baru tahu bahwa jenis kerjasama kamu tersebut adalah produk barter lalu kamu memutuskan sepihak untuk tidak melanjutkannya. Maka kamu akan dinilai tidak profesional dalam menjalankan tugas atau terburuknya adalah akan di blacklist dari seluruh campaign yang ada di Lemon.

Timeline Posting

Tahukah kalian bahwa seluruh campaign di Lemon sudah dapat kita lihat waktu posting nya semenjak kita akan mendaftar? Jadi timeline posting sudah diberitahukan sejak awal yang berguna untuk memberikan estimasi waktu kepada para KOL sebelum mereka mendaftar agar dapat memperhitungkan apakah waktu mereka kosong untuk mempersiapkan konten dan melakukan posting pada tanggal-tanggal tersebut. Karena tidak sedikit dari campaign-campaign di Lemon terkadang memiliki waktu posting yang cukup singkat dan cepat. Oleh karena itu timeline posting ada untuk menginfokan kepada para KOL bahwa kapan campaign tersebut akan berjalan.

Tugas yang harus dilakukan

Dan hal terakhir yang perlu kalian perhatikan saat sebelum mendaftar pada campaign adalah tugas. Kira-kira ada yang tahu kenapa tugas perlu kita perhatikan bahkan sebelum kita terpilih? Jadi tugas yang harus dilakukan itu penting untuk kalian perhatikan, karena untuk memberi kalian gambaran kira-kira inilah brief yang akan kalian lakukan pada campaign tersebut. Apakah cocok dengan konten yang biasa kalian lakukan. Jangan sampai kalian tidak pernah membuat video feeds atau tidak tahu cara editing video tapi kalian memberanikan diri untuk mendaftar pada campaign yang mengharuskan kalian posting video. Mungkin bisa saja kalian coba dulu mendaftar lalu mencari-cari tutorial cara membuat video tapi ternyata timeline posting campaign terlalu padat, yang ada kalian akan keteteran dalam mengerjakan hal tersebut. Selain itu untuk memberikan informasi kepada kalian dengan produk atau bayaran tersebut apakah kalian setuju untuk melakukan hal-hal tersebut. Karena ketika kalian memutuskan untuk mendaftar maka kalian dianggap setuju dengan seluruh hal-hal yang tercantum pada brief. 

Jadi itulah 5 hal yang harus kamu perhatikan baik-baik saat sebelum mendaftar campaign di Lemon. Pastikan saat kalian memutuskan untuk mendaftar kalian sudah membaca dengan seksama, karena jika kalian sudah mendaftar maka kami tim Lemon akan menganggap bahwa kalian telah menyetujui segala informasi yang telah kami sampaikan melalui brief tersebut. Seluruh informasi terkait campaign sudah dibuat sedetail mungkin agar mudah dipahami oleh para KOL. So jangan ragu lagi untuk mendaftar campaign-campaign yang ada di Lemon! Ingat perhatikan dan baca dengan seksama 5 hal yang sudah kami jelaskan diatas yaa, selamat mencoba!

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign