Inilah 2 Rahasia dalam Influencer Marketing

Rahasia dalam Influencer Marketing

Table of Contents

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Influencer Marketing telah menjadi salah satu strategi marketing yang sangat menguntungkan untuk brands. Jadi penasaran, apa sih rahasia dibalik kesuksesan strategi ini? Baca terus, ya!

Influencer Marketing: Strategi Pilihan Para Brands

Untuk kebanyakan brands, Influencer Marketing telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling disukai karena efektivitas nya dan biaya nya yang affordable. Apalagi dengan generasi Milenial dan Gen Z saat ini, mereka sudah tidak terlalu mempercayai iklan tradisional. Karena terlalu banyak iklan dari berbagai macam medium dan platform, mereka sekarang lebih cenderung mengandalkan pengalaman dan ulasan dari real people seperti teman, keluarga, dan influencers.

Rahasia 1: “Setting Your Brand Goal”

Rahasia sukses Influencer Marketing yang pertama adalah goal atau tujuan brand Anda. Sebelum membuat influencer campaign, Anda harus memiliki tujuan yang jelas. Apakah untuk memperkenalkan sebuah produk, meningkatkan engagement, menyebarkan brand message, atau untuk mengembangkan brand awareness?

Biasanya untuk strategi Influencer Marketing, 5 jenis target yang dijadikan tujuan marketing mereka adalah:

  1. Brand Awareness
  2. Edukasi Konsumen
  3. Pengembangan Follower
  4. Search Engine Optimization (SEO) Media Sosial
    Atau bahasa awamnya adalah “Cara Membuat Brand Mudah Muncul dalam Pencarian”
  5. Meningkatkan Penjualan

Namun, Anda harus ingat untuk tetap menyesuaikan tujuan marketing Anda dengan konteks bisnis atau brand Anda. Dengan memiliki tujuan yang jelas dan spesifik, Anda dapat menyesuaikan detail influencer campaign Anda untuk memaksimalkan hasil akhir nya. 

banner cta make smarter investment on influencer marketing start from Rp10juta pick up 100 influencers monitor your campaign and generate more word of mouth

Rahasia 2: Micro dan Nano Influencers

Kalau Anda mengira semua influencers itu sama, Anda sebenarnya salah. Berdasarkan jumlah followers nya, influencers bisa dibedakan atas beberapa jenis: Mega, Macro, Micro, dan Nano. Nah, untuk rahasia kedua, LEMON punya insights untuk Micro dan Nano Influencers. Just in case Anda belum familiar dengan 2 jenis influencer ini, Micro Influencers adalah influencers yang mempunyai followers dalam range 10 sampai 100 ribu, sementara Nano Influencers mempunyai followers di bawah 10 ribu.

Walaupun jumlah followers mereka terlihat kecil, mereka sudah terbukti tetap sangat efektif karena mempunyai titik power yang berbeda dalam beberapa segi berikut:

  1. Tingkat Engagement
  2. Audiens Tertarget
  3. Keterjangkauan
  4. Harga
  5. Tingkat Kepercayaan

Mau pelajari poin-poin di atas lebih lanjut atau masih penasaran dengan rahasia-rahasia lain nya? Ini baru 2 rahasia loh. Jangan khawatir, LEMON masih ada banyak dan semuanya ada di dalam Ebook “Membongkar Rahasia Sukses Influencer Marketing” kami!

Yuk, langsung aja download ebook “Membongkar Rahasia Sukses Influencer Marketing” untuk membongkar rahasia-rahasia lain nya di sini!

Punya pertanyaan lainnya seputar topik ini? Silahkan tanyakan di kolom komen. Ingin menguasai influencer marketing sebelum memulai dengan influencer, kamu bisa download Ebook di sini https://lemon.cm/training.

Photo by Kristina Flour on Unsplash

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign