Apa Itu Exposure dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Ingin melakukan promosi di sosial media demi exposure? Yuk kenali lebih lanjut apa itu exposure dan manfaatnya untuk bisnis Anda

Table of Contents

Exposure beberapa tahun lalu sempat meramaikan dunia pemasaran. Terms dari exposure ini terdengar menjadi sedikit negatif karena beberapa kasus yang sempat menjadi buah bibir di platform cuitan.

Padahal, exposure dalam bisnis dapat membawa keuntungan jika dioptimasi dengan baik.

Melalui artikel ini, LEMON Influencer Platform akan membahas lebih mendalam mengenai arti exposure dalam bisnis terutama marketing.

Apa Itu Exposure dalam Bisnis?

apa itu exposure
Photo by Diego PH on Unsplash

Saat bisnis dikembangkan, hal yang kerap turut serta menjadi perhatian adalah bagaimana calon konsumen mengetahui keberadaan Anda. Semakin audiens kenal, semakin mudah produk dan servis ditawarkan.

Arti exposure dalam bisnis adalah perhatian yang dihasilkan dari bisnis Anda yang dikenal oleh masyarakat. Perhatian ini didapatkan dari berbagai cara. Misalnya media massa dan influencer marketing.

Bagaimana Influencer Membantu Exposure Bisnis

Influencer dikenal sebagai jembatan bagi bisnis menjangkau audiens melalui media sosial, tempat di mana pemilik akun melakukan interaksi melalui followersnya.

Dengan begitu, bisnis memanfaatkan interaksi dan kepercayaan yang dibangun antara influencer dan pengikutnya melalui konten promosi yang diunggah.

Melalui konten tersebutlah exposure terjadi saat audiens terpapar oleh informasi tentang brand tersebut.

Umunya, sebuah bisnis akan memberikan produk atau jasanya secara cuma-cuma hingga berbayar untuk melakukan hal tersebut.

Keuntungan Brand Memperkuat Exposure

keuntungan exposure untuk brand
Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Exposure sendiri memang memiliki segudang manfaat dalam marketing. Berikut manfaatnya berdasarkan marketing funnel:

  • Brand awareness – Meningakatkan angka reach. Reach adalah metriks yang mengukur seberapa banyak kepala audiesn (unique) yang melihat brand Anda.
  • Interest – Meningkatkan minat audiens terhadap produk Anda. Bagi sebagian audiens yang diakun tersebut yang sudah aware dengan produk Anda mungkin akan makin tertarik. 
  • Consideration – Setelah minat sudah ditumbuhkan, audiens biasanya akan mempertimbangkan lagi produk Anda. Lewat postingan influencer yang berupa review, audiens akan mendapatkan 1 poin lainnya untuk mulai membeli produk Anda.
  • Action – Melakukan pembelian.

Cara Melakukan Exposure yang Tepat

cara melakukan brand exposure yang tepat
Photo by Brendan Church on Unsplash

Pilih Influencer yang Tepat

Sebelum melakukan aksi barter dengan exposure, Anda harus memperhatikan berbagai data yang bisa menunjang keberhasilan strategi ini.

Bukan hanya memilih influencer yang sedang naik daun, melainkan yang juga punya pertumbuhkan yang postif.

Anda bisa memperhatikan followers growth yang influencer miliki dan engagement rate.

Anda bisa menemukan influencer yang tepat dengan LEMON Influencer Platform. Anda bisa rekrut ratusan influencer untuk promosikan produk Anda. LEMON memiliki 39.000++ influencer yang terdaftar dan siap membantu campaign Anda. 

Jadi, apakah Anda memilih untuk bekerja dengan influencer terkenal atau influencer yang sedang naik daun, Anda dijamin akan tetap mendapatkan hasil yang bagus dan hasil yang jauh lebih baik daripada metode tradisional lainnya.

Sebagai yang dipercaya atas rekomendasi dalam komunitasnya, influencer adalah cara yang bagus bahkan bagi bisnis kecil untuk terhubung dengan orang biasa dan mempromosikan produk di berbagai saluran media sosial.

Influencer dari semua ukuran terus menjadi bagian penting untuk banyak brand dan jika Anda belum melakukannya, Anda harus segera mempertimbangkan untuk perkembangan bisnis dan brand Anda.

buat akun gratis untuk influencer marketing di era new normal

Photo by Campaign Creators on Unsplash

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign