Menjalankan kegiatan marketing masih memungkinkan di tengah pandemi ini dengan budget yang minim.
Hampir semua industry terkena dampak dari pandemic Covid-19 ini. Bahkan World bank sudah menyatakan bahwa Covid-19 ini akan membawa dampak ekonomi terparah kedua setelah Perang Dunia ke-2. Mungkin bagi beberapa perusahaan, memangkas dana pemasaran adalah salah satu jalan guna membuat perusahaan untuk tetap beroperasi. Padahal marketing adalah salah satu cara bagi brand untuk membuat produknya menjadi semakin terkenal di kalangan masyarakat.
Lalu bagaimana caranya bagi brand untuk tetap eksis di masyarakat dengan budget yang minimal? Berikut adalah tips untuk tetap menjalankan kegiatan marketing dengan budget minimal.
Menjalankan Social Media Marketing
Social media marketing adalah sebuah strategi pemasaran melalui social media seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, bahkan TikTok. Social media dapat menyatukan antara brand langsung dengan potential customer-nya lewat promosi maupun value dari company tersebut.
Bahkan ada banyak pula yang kini membangun komunitas brand-nya melalui sosial media. Untuk itu, sangat penting bagi seorang Brand meng-hire Social Media Specialist yang baik dan bukan sekadar admin, karena Social Media mereka akan menjadi perpanjangan dari Public Relation mereka terhadap konsumen.
Social media juga bisa menjadi “telinga” bagi Brand untuk mendengarkan customer mereka. Tidak hanya itu, Brand juga bisa memaksimalkan polling dari social media untuk menentukan preference audience mereka.
Memanfaatkan Instagram Live
Berdasarkan Business Insider, Instagram Live telah melonjak penggunaannya hingga 70% pada bulan April 2020 lalu. Instagram Live banyak dimaanfatkan brand untuk berkolaborasi dengan influencer untuk memberikan tips pada audiens. Instagram Live menjadi salah satu cara antara brand untuk tetap menjaga hubungan mereka dengan audiens selama pandemi ini.
Mengadakan Webinar
Anda memiliki launching produk di saat pandemi masih berlangsung? Jangan khawatir, Webinar bisa menjadi pilihan Anda. Apalagi kapasitas Webinar (nyaris) terbatas yang bisa membuat Anda mendapatkan audiens dengan jumlah lebih banyak.
BACA JUGA: Kenapa harus memulai Webinar?
Memanfaatkan User-Generated Content
User- Generated Content (UGC) adalah content berubah foto atau video yang di upload oleh audiens mengenai brand kita. Tipe konten seperti ini biasanya lebih dipercaya oleh audiens karena dianggap lebih less promotion dankredibe konten ini biasanya dibuat oleh audience yang telah memakai jasa atau produk kita dan puas dengan value yang mereka terima. UGC sangat penting bagi brand karena brand merasa lebih dilibatkan dala kegiatan audience di sosial media dan yang paling penting UGC umumnya gratis. Untuk mendapatkan UGC memang tidak mudah, namun Anda bisa memulainya dengan mengombinasikan antara Webinar dengan UGC ini, caranya adalah audiens dapat menceritakan kegiatannya mengenai kegiatannya di Webinar.
Manfaatkan Influencer Marketing
Siapa bilang kolaborasi dengan Influencer membutuhkan budget yang mahal. Anda juga bisa menggunakan budget terbatas dengan influencer. Maksimalkan micro dan nano influencer memiliki engagement rate yang bagus untuk memengaruhi audience-nya terkait dengan brand yang sedang gunakan.
BACA JUGA: Cara Mengetahui Rate Card Influencer
Apakah Anda tertarik memulai dengan Influencer Marketing? Jika iya, Anda bisa menghubungi client specialist kami di sini.
Photo by Tim Bennett on Unsplash