Scope of Work Influencer di LEMON

SOW atau scope of work adalah instruksi atau persetujuan yang berisi perjanjian kerjasama sebagai pondasi dalam menjalankan sebuah campaign bersama influencer.

Table of Contents

SOW atau scope of work adalah instruksi atau persetujuan yang berisi perjanjian kerjasama dalam menjalankan sebuah campaign

Mengapa SOW penting?

SOW menjadi sangat penting karena merupakan pondasi proyek yang dijalankan dan ditujukan kepada Influencer mengenai hal-hal yang harus dilakukan oleh influencer tersebut.

Meskipun setiap Influencer memiliki gaya dan caranya masing-masing, mereka membutuhkan instruksi lengkap agar pesan yang dibuat sesuai dengan konteks yang ingin disampaikan oleh brand.

Bagaimana SOW pada Lemon Gifting?

SOW adalah
Source: storyset.com

Simak 3 SOW yang digunakan oleh Lemon agar pesan dapat tersampaikan dengan baik.

  1. Memberikan Brief Campaign yang Jelas
SOW adalah
Source: freepik.com

Brief adalah salah satu elemen SOW yang berisi penjelasan mengenai gambaran tentang brand, produk, dan tujuan dibuatnya campaign.

Berikan instruksi mengenai pesan apa yang ingin disampaikan, produk apa yang akan dipromosikan, kewajiban apa yang perlu dipenuhi influencer, serta apa saja do’s dan don’ts ketika menjalankan campaign.

Anda juga dapat menambahkan mood board sebagai arahan visual untuk menyelaraskan tone dari brand dan influencer seperti gaya berfoto, warna pakaian, dll.

Meskipun influencer memberikan ulasan yang otentik, Anda dapat memberikan contoh caption sebagai referensi dan hashtag yang digunakan.

Semakin detail brief yang diberikan, maka influencer akan semakin memahami perannya ketika menjalankan campaign.

  1. Tentukan Platform yang Anda Ingin Gunakan untuk Melakukan Campaign.
SOW adalah
Source: tekno.kompas.com

Anda dapat memilih berbagai platform media sosial seperti Instagram dan TikTok. Pilihlah SOW yang sesuai dengan objektif dari campaign Anda. 

Pada umumnya, campaign yang dijalankan menggunakan Instagram berupa 1x foto IG Feed dan 1x video IG Stories. Sedangkan pada TikTok berupa video yang dapat di re-share kembali melalui Instagram.

Namun, dengan Lemon Gifting Anda juga bisa mengkombinasikan semuanya dalam satu campaign. Anda dapat customize SOW Influencer seperti apa yang Anda inginkan.

Baca Juga Cara Menjalankan Campaign Influencer Marketing dengan LEMON

  1. Tentukan Timeline dari Campaign
SOW adalah
Source: freepik.com

Timeline adalah lini waktu yang diperlukan untuk menjalani campaign. Timeline harus memiliki tanggal spesifik kapan campaign akan dimulai dan selesai. Perjanjian ini diperlukan untuk menghindari Influencer yang mengunggah konten di luar waktu yang ditentukan.

Apabila Anda menggunakan layanan Lemon Gifting, ada beberapa timeline yang akan Anda temui, yaitu:

  • Ketika campaign dibuka, akan ada jangka waktu tertentu untuk influencer mendaftar.
  • Proses seleksi influencer sesuai dengan kriteria yang diberikan. Anda dapat melakukannya sendiri atau meminta bantuan Lemon.
  • Proses pengiriman produk yang dapat dilakukan oleh brand atau Lemon.
  • Proses pembuatan draft konten yang akan menunggu approval dari brand. Jika tidak sesuai dengan brief, Anda dapat meminta influencer tersebut untuk melakukan revisi.
  • Pengunggahan konten dengan jangka waktu tertentu.
  • Proses reporting dari setiap influencer yang akan dikumpulkan oleh Lemon.

Tentunya, timeline di atas sudah merupakan persetujuan bersama, sehingga influencer harus mengikuti SOW yang sudah ditentukan agar campaign dapat berjalan dengan baik.

Ingin menjalankan Influencer Marketing Campaign tanpa ribet? Yuk Konsultasikan bisnis Anda GRATIS!

Registrasi GRATIS Sekarang

Buat Campaign lebih mudah, cepat, dengan pilihan Influencer yang banyak hanya dalam 1 platform.

Buat Akun

Saya pemilik brand

Saya ingin meningkatkan brand awareness dan menjual produk saya.

Saya seorang influencer

Saya ingin menampilkan produk dan mendapatkan benefit

LEAVING ALREADY?

Don’t Missed FREE 30 Mins Consultation
for Your Campaign